Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Janji Berantas Mafia Tanah, AHY akan Pimpin Rakor dengan Kejagung dan Polri pada 1-4 Maret

Kompas.tv - 27 Februari 2024, 05:30 WIB
janji-berantas-mafia-tanah-ahy-akan-pimpin-rakor-dengan-kejagung-dan-polri-pada-1-4-maret
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY usai dilantik, Rabu (21/2/2024). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berjanji untuk memberantas mafia tanah sebagai wujud komitmennya membela rakyat kecil.

Namun, agar mampu menghapuskan mafia tanah di Indonesia, pemerintah perlu menyiapkan strategi yang matang.

Serta mempelajari situasi saat ini, mengingat praktik mafia tanah merupakan kejahatan yang telah lama ada dan langgeng di Indonesia.

Hal itu ia sampaikan kepada media, usai bertemu Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (26/2/2024).

“Kita (Kementerian ATR/BPN) serius akan melakukan langkah-langkah yang tegas, mau bagaimanapun tidak boleh ada yang melawan hukum di negeri kita. Apalagi kalau berhubungan dan berhadapan dengan rakyat, terutama rakyat kecil,” kata AHYseperti dikutip dari Antara.

Baca Juga: Kata AHY dan Moeldoko soal Pertemuan di Sidang Kabinet Paripurna, Canggung?

“Pemerintah akan hadir untuk membela rakyat kecil, tetapi kita juga ingin benar-benar memahami situasinya, karena situasi tanah dan sengketa tanah itu kompleks. Jadi sudah lama carut marut, jadi tidak boleh juga kita sembrono, kita juga ingin cepat tapi juga harus dengan diteliti dengan baik,” sambungnya.

Ia menjelaskan isi pertemuannya dengan Airlangga, yaitu membahas berbagai program agraria yang perlu dituntaskan.

Seperti reforma agraria, pengadaan lahan untuk infrastruktur Proyek Strategis Nasional (PSN), hingga kepastian hukum pertanahan.

Sebelumnya, AHY mendapatkan mandat dari Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin untuk segera menyelesaikan berbagai permasalahan agraria, salah satunya mafia tanah.

AHY sendiri mengaku kasus penyerobotan lahan oleh mafia menjadi tantangan terbesar bagi instansi yang sedang ia pimpin saat ini.

Ia juga meminta dukungan dari masyarakat agar tanggung jawab yang kini menjadi bagian dari pekerjaan rumah Kementerian ATR/BPN terhadap pelayanan publik bisa segera dituntaskan.



Sumber : Antara, Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x