Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Kehabisan Tiket Kereta Mudik? Bisa Coba Pakai Fitur "Connecting Train"

Kompas.tv - 22 Februari 2024, 18:09 WIB
kehabisan-tiket-kereta-mudik-bisa-coba-pakai-fitur-connecting-train
PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyarankan masyarakat untuk memesan tiket Connecting Train jika tiket mudik Lebaran yang diinginkan sudah habis. (Sumber: KAI)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyarankan masyarakat untuk memesan tiket "Connecting Train"  jika tiket mudik Lebaran yang diinginkan sudah habis. 

Pasalnya, sejumlah perjalanan KA okupansinya telah mencapai 100% untuk keberangkatan dari Barat ke Timur pada hari-hari tertentu menjelang Hari-H Lebaran. Seperti pada KA Argo Bromo Anggrek, Argo Wilis, Taksaka, Brantas, dan lainnya.

 "Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal dan rute alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi Access by KAI yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus, Kamis (22/2/2024). 


 

Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta Eva Chairunisa menjelaskan, fitur "Connecting Train"  bermanfaat untuk calon pengguna jasa yang mencari rute alternatif menuju stasiun tujuan akhir dengan transit terlebih dahulu di stasiun tertentu. 

Baca Juga: Perubahan Jadwal Kereta Bandara Yogyakarta dan Medan Mulai Februari 2024

Seperti namanya, "connecting train" menyambungkan perjalanan KA tertentu ke tujuan akhir.

"Sebagai contoh, saya mencari tujuan Yogyakarta namun untuk KA yang langsung dari Pasar Senen ke Yogyakarta itu sudah habis. Nanti akan diberikan alternatif di sana, misalnya dari Pasar Senen menuju suatu stasiun tertentu, kemudian dari stasiun tersebut akan disambungkan dengan KA lainnya menuju stasiun Yogyakarta," terang Eva dalam keterangan resminya beberapa waktu lalu. 

Untuk mengakses fitur tersebut, pengguna cukup mencari tiket yang tersedia dengan cara seperti yang biasa dilakukan. 

Apabila tanggal keberangkatan yang dipilih sudah penuh, maka tombol navigasi "connecting trains" akan muncul secara otomatis dan pengguna cukup klik tombol tersebut. 

Jika kereta sambungan menuju tujuan akhir memang masih tersedia, maka informasi ketersediaan tiket akan muncul lengkap dengan tarif, durasi perjalanan, serta stasiun transit.

Masyarakat sudah bisa memesan tiket mudik H-3 (7 April 2024) untuk hari ini, Kamis (22/2). Sebanyak 30.637 tiket atau 28% dari total keseluruhan yang dijual untuk keberangkatan pada hari tersebut.

Baca Juga: KAI: Tiket Kereta Mudik Dijual Sesuai Aturan Tarif Batas Atas dan Tarif Batas Bawah

Sedangkan berdasarkan pantauan data pada Kamis (22/2) pukul 12.00 WIB, total penjualan tiket pada periode H-10 s.d H-3 sebanyak 210.944 tiket atau 24% dari total tiket yang sudah bisa dipesan sebanyak 888.583 tiket. 

Dimana dominasi pemesanan pada periode tersebut adalah tiket KA dari arah Barat (Jawa Barat dan Jakarta) menuju ke arah Timur (Jawa Tengah dan jawa Timur).



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x