Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Ibu Kota Pindah, Jakarta Bakal Jadi Superhub Bisnis-Finansial seperti Astana di Kazakhstan

Kompas.tv - 18 Februari 2024, 07:20 WIB
ibu-kota-pindah-jakarta-bakal-jadi-superhub-bisnis-finansial-seperti-astana-di-kazakhstan
Ilustrasi. Pemerintah akan mulai pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Ibu Kota Nusantara (IKN) tahun ini. Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono mengatakan, Jakarta akan menjadi kota pusat bisnis dan finansial setelah pemerintahan pindah ke IKN. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dina Karina | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah akan memulai pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Ibu Kota Nusantara (IKN) tahun ini. Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono mengatakan, Jakarta akan menjadi kota pusat bisnis dan finansial setelah pemerintahan pindah ke IKN. 

Ia menyampaikan, Jakarta akan menjadi superhub atau pusat kegiatan seperti yang sudah dilakukan oleh Kazakshtan dengan Astana, ibu kota baru setelah Almaty. 

Oleh karena itu, Indonesia dan Kazakshtan menandatangani nota kesepahaman dan menjadikan IKN dan Astana sebagai sister city.

"Tentu Jakarta akan menjadi financial center, pasti. Bisnis dan financial center akan di sini, kita akan punya financial superhub baru," kata Bambang dalam seminar Masa Depan Jakarta Pasca IKN di Jakarta, Sabtu (17/2/2024). 

Baca Juga: Kepala OIKN Sebut Istana Negara dan Hotel Nusantara Siap Dipakai untuk Upacara 17 Agustus 2024

Ia menyebut, pemindahan ibu kota ke IKN akan menciptakan hubungan yang saling menguatkan bagi dua kota, yakni Jakarta akan menjadi pusat bisnis dan finansial, sedangkan IKN kota cerdas dan inklusif.

Jakarta tetap menjadi magnet yang menarik untuk tetap berkembang dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Di sisi lain, pertumbuhan ekonomi di luar Pulau Jawa semakin berkembang dan merata.

"Kita akan mempunyai economy superhub (pusat kegiatan ekonomi) di luar Jakarta," ucapnya. 

Pada kesempatan yang sama, Direktur Regional I Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Abdul Malik mengatakan, peran Jakarta menjadi sangat penting setelah ibu kota negara pindah ke IKN. Sebab, Jakarta sudah menjadi kawasan metropolitan nomor dua terbesar di dunia setelah Tokyo.

Baca Juga: Luhut Sebut Elon Musk Bakal Pasang Starlink di IKN: Saya Teleponan Minggu Lalu

Jakarta dan wilayah penyangga seperti Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi akan menjadi wilayah aglomerasi terbesar di dunia.



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x