Kompas TV ekonomi keuangan

Angpao Imlek Lebih Cuan buat Investasi Emas, Ini 4 Merek Logam Mulia yang Bersertifikat

Kompas.tv - 11 Februari 2024, 08:05 WIB
angpao-imlek-lebih-cuan-buat-investasi-emas-ini-4-merek-logam-mulia-yang-bersertifikat
Ilustrasi. PT Aneka Tambang Tbk atau Antam menghadirkan emas batangan tematik seri Imlek tahun dengan desain tiga dimensi (3D). Emas batangan Imlek Shio Naga yang dijual Antam memiliki motif naga kayu di bagian sisi depan sesuai dengan shio pada tahun 2024. (Sumber: Antam)
Penulis : Dina Karina | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Perayaan Imlek selalu diwarnai dengan tradisi bagi-bagi angpau. Nah, daripada uang angpau Imlek habis untuk sesuatu yang kurang bermanfaat, lebih baik Anda menggunakannya untuk investasi emas. 

Emas adalah salah satu instrumen investasi yang menjadi pilihan para investor karena meski nilainya fluktuatif, namun cenderung naik setiap tahunnya. 

Selain itu, nilai emas juga relatif tidak tergerus oleh inflasi, sehingga membuat banyak orang menginvestasikan uangnya di sektor emas.

Jika ingin investasi emas, sebaiknya pilih jenis emas batangan yang kemurniannya 24 karat dan memiliki sertifikat resmi.

Investasi emas cocok untuk jangka panjang sehingga lebih baik digunakan untuk simpanan masa depan misalnya dana pensiun atau dana pendidikan anak. Dengan begitu, maka imbal hasil yang didapatkan tinggi. 

Baca Juga: Syarat Dokumen KPR Subsidi di BRI, Bisa Lewat Kantor Cabang atau Aplikasi BRISPOT

Selain itu, sifat emas yang tahan inflasi cocok sekali untuk simpanan yang memerlukan waktu lama namun tetap aman.

Kredibilitas perusahaan pembuat emas perlu diprioritaskan saat ingin berinvestasi emas. Jangan sampai Anda tertipu dengan emas palsu atau sertifikat yang berujung tidak mendatangkan imbal hasil, melainkan kerugian.

Hal yang tidak kalah penting adalah masalah distribusi hingga sampai ke tangan kita. Jika memilih sistem daring, maka Anda harus mencari distributor yang tepercaya. Namun jika membeli emas secara langsung di toko emas, carilah toko emas yang teregistrasi. 

Emas batangan terbaik untuk dibeli adalah emas batangan 10 gram dan 25 gram. Selain jenis investasinya likuid, emas ukuran 10 gram sampai 25 gram mudah untuk dijual kembali.

Berikut adalah beberapa merek emas batangan yang bisa dipilih untuk investasi:

Baca Juga: Tahun Depan Presiden hingga Para Menteri Ganti, BI Sebut Investasi akan Melambat sampai Juni 2024

1. Antam

Antam merupakan logam mulia yang diproduksi oleh PT Aneka Tambang atau disingkat menjadi Antam dengan karakter khusus yang sulit untuk dipalsukan. 

Sertifikat yang didapatkan saat Anda membeli emas Antam menjelaskan berat, kadar kemurnian, dan nomor seri emas. 

Emas Antam tersedia dalam beberapa ukuran. Ukuran logam mulia yang paling populer adalah emas Antam dengan berat 5 gram, 10 gram, 50 gram, dan 100 gram.



Sumber :

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.