Kompas TV ekonomi keuangan

Simak! Berikut Ini Link Cara Cek BLT Mitigasi Risiko Pangan, Dapat Rp600 Ribu

Kompas.tv - 5 Februari 2024, 21:30 WIB
simak-berikut-ini-link-cara-cek-blt-mitigasi-risiko-pangan-dapat-rp600-ribu
Ilustrasi menerima uang bantuan sosial atau bansos dari Kementerian Sosial (Kemensos) sebesar Rp600 ribu. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah akan segera meluncurkan program Bantuan Langsung Tunai (BLT) Mitigasi Risiko Pangan sebagai upaya mengatasi meningkatnya inflasi dan dampak fluktuasi musim panen serta hari raya keagamaan yang mempengaruhi harga bahan pangan. Program ini dijadwalkan akan dimulai pada bulan ini, Februari 2024.

Adapun BLT Mitigasi Risiko Pangan ini akan diberikan kepada kelompok masyarakat yang telah terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Sebanyak 18,8 juta keluarga di seluruh Indonesia menjadi sasaran program ini, dan mereka akan menerima bantuan tunai sebesar Rp600.000 per keluarga.

Bantuan tersebut akan dibayarkan secara bertahap, dengan penyaluran pertama sebesar Rp200.000 yang akan diberikan selama periode tiga bulan, yaitu dari Januari hingga Maret 2024.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan, BLT Mitigasi Risiko Pangan akan menggantikan program BLT El Nino yang sebelumnya ada.

Dia juga menegaskan bahwa program ini berbeda dengan bantuan pangan beras yang diberikan kepada 22 juta KPM lainnya.

Baca Juga: Respons Putusan DKPP, Komisioner KPU: Proses Pencalonan Gibran Legal

Dengan demikian, BLT Mitigasi Risiko Pangan menjadi langkah konkret pemerintah dalam upaya melindungi dan membantu masyarakat yang terdampak oleh perubahan kondisi ekonomi dan pangan.

"Ini berbeda dengan bantuan pangan yang 22 juta KPM. Nah itu biasanya masyarakat di bawah bertanya kenapa saya dapat beras tetapi tidak dapat BLT cash. Tentu dengan data yang berbeda itu tergantung kepada kemarin data yang dari PMK (Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan) terkait dengan data tersebut," jelas Airlangga di Jakarta, Senin (29/1/2024), dikutip dari Antara.

Cara Mengecek Penerima BLT yang Cair Februari 2024

Masyarakat dapat melakukan pengecekan secara online untuk mengetahui status penerimaan BLT. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buka laman cekbansos.kemensos.go.id.
  • Masukkan informasi yang dibutuhkan seperti nama provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa atau kelurahan.
  • Isi nama Penerima Manfaat (PM) sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan kode verifikasi.
  • Jika kode huruf tidak jelas, klik "refresh" untuk mendapatkan kode baru dan kemudian klik "cari data".
  • Situs Kementerian Sosial (Kemensos) akan menampilkan daftar nama penerima manfaat sesuai dengan wilayah yang dimasukkan.

Jika terdaftar sebagai penerima BLT Mitigasi Risiko Pangan, status pada kolom Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau bantuan sembako, akan berubah menjadi "Ya".

Penerima BLT Mitigasi Risiko Pangan sama dengan penerima BLT El Nino, yaitu sebanyak 18,8 juta KPM. Data penerima bantuan bersumber dari Kemensos.

Airlangga mengatakan BLT akan didistribusikan melalui PT Pos Indonesia mulai Februari 2024.

Baca Juga: Link Cara Cek TPS Anda pada Pemilu 2024 Pakai NIK


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x