Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Maskapai Buka Rute Baru: Ada Medan-Doha oleh Qatar Airways, Jakarta-Kinabalu oleh AirAsia

Kompas.tv - 23 Januari 2024, 08:45 WIB
maskapai-buka-rute-baru-ada-medan-doha-oleh-qatar-airways-jakarta-kinabalu-oleh-airasia
Lima bandara yang berada di naungan Angkasa Pura II membuka sejumlah rute baru di awal 2024 ini. Rute baru yang dibuka itu merupakan rute penerbangan langsung (direct flight). (Sumber: Angkasa Pura II)
Penulis : Dina Karina | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Lima bandara yang berada di naungan Angkasa Pura II membuka sejumlah rute baru di awal 2024 ini.

Rute baru yang dibuka itu merupakan rute penerbangan langsung (direct flight).

SVP of Corporate Secretary AP II, Deni Krisnowibowo mengatakan, pembukaan rute-rute baru ini bertujuan untuk semakin mempermudah akses penerbangan bagi masyarakat, serta meningkatkan kontribusi terhadap sektor pariwisata dan perekonomian nasional 

“Sejak awal tahun, bandara-bandara AP II membuka rute-rute baru. Kami berharap ini semakin memudahkan perjalanan udara masyarakat baik untuk pariwisata atau perjalanan bisnis," kata Deni seperti dikutip dari laman resmi Angkasa Pura II, Selasa (23/1). 

"Ini juga sebagai upaya AP II untuk terus menjaga momentum pertumbuhan lalu lintas penerbangan setelah dihantam pandemi COVID-19 pada 2020 - 2022. Tentunya pembukaan rute memperhatikan potensi dan permintaan yang ada,” tambahnya. 

Baca Juga: Garuda Indonesia Gelar Sales Office Travel Fair (SOTF), Jakarta-Lombok PP Cuma Rp1,6 Jutaan

Berikut bandara AP II yang membuka rute baru penerbangan langsung pada Januari - Februari 2024 berdasarkan data per 21 Januari:

1. Bandara Kualanamu

Bandara Kualanamu bersama maskapai Qatar Airways membuka rute penerbangan Medan - Doha (Qatar) mulai 15 Januari 2024. 

Rute ini dioperasikan Qatar Airways sebanyak 3 kali seminggu menggunakan pesawat berbadan lebar (wide body) Boeing 787 atau dikenal juga dengan Dreamliner. 

Bandara Kualanamu dikelola oleh PT Angkasa Pura Aviasi (AVI) yang merupakan bagian dari AP II. 

Direktur Operasi AVI, Heriyanto Wibowo mengatakan, pembukaan rute Medan - Doha dan sebaliknya ini memperkuat upaya Bandara Kualanamu untuk menjadi bandara hub. 

Baca Juga: Hotman Ungkap Jokowi Marah soal Pajak Hiburan 40%-75%, Kini Bisa Pakai Tarif Pajak yang Lama

“Penumpang pesawat atau wisatawan dari Doha dapat berwisata di Sumatera Utara serta destinasi-destinasi wisata di Indonesia lainnya melalui Bandara Kualanamu,” ujar Heriyanto. 

2. Bandara Radin Inten II

Bandara Radin Inten II membuka konektivitas Lampung - Denpasar yang dilayani oleh maskapai Indonesia AirAsia mulai 17 Januari 2024 dengan frekuensi 4 kali seminggu. 



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x