Kompas TV ekonomi loker

Penerimaan Polri 2024 bagi Penyandang Disabilitas SMA/SMK, Berikut Jadwalnya

Kompas.tv - 19 Januari 2024, 10:57 WIB
penerimaan-polri-2024-bagi-penyandang-disabilitas-sma-smk-berikut-jadwalnya
Ilustrasi polisi. (Sumber: NTMC Polri)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akan membuka penerimaan anggota baru tahun 2024, dengan membuka kesempatan bagi penyandang disabilitas. Diumumkan melalui laman resmi humas.polri.go.id, proses penerimaan ini berlangsung mulai 26 Januari hingga 1 Maret 2024. Rekrutmen ini merupakan langkah Polri dalam mewujudkan inklusi sosial dan kesetaraan di lingkungan kerja.

Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia Irjen Dedi Prasetyo, menyatakan bahwa penyandang disabilitas yang direkrut akan ditempatkan di berbagai bidang non-lapangan seperti Teknologi Informasi, Siber, Keuangan, Perencanaan, dan Administrasi.

Baca Juga: Rekrutmen Bintara PK TNI AU 2024 Dibuka untuk SMA/SMK dan D3, Ini Syarat dan Cara Daftar

Program ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan bagi penyandang disabilitas untuk berkarir dan mengabdi di institusi Polri.

"Bahwa tahun Polri merekrut personel dari kelompok disabilitas, di mana rekrutmen disabilitas bintara Polri adalah untuk yang menamatkan pendidikan di tingkat SMU dan SMK. Kemudian SIPSS untuk lulusan perguruan tinggi,” ungkap Dedi dikutip dari Humas Polri, Selasa (16/1/2024).

Baca Juga: Anak Usaha Pertamina Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan SMA, D3 dan S1 Semua Jurusan, Berminat?

Penerimaan ini berlandaskan pada berbagai peraturan dan undang-undang, termasuk UU Nomor 20 Tahun 2023 dan serangkaian Peraturan Menteri PAN-RB.

Kesempatan ini tidak hanya terbuka bagi lulusan SMU dan SMK, tetapi juga bagi lulusan perguruan tinggi melalui SIPSS.

Baca Juga: BUMN Bank BRI Buka Lowongan Kerja Besar-besaran untuk S1, Penempatan Berbagai Kota

Polres di berbagai daerah, termasuk Karimun, Riau, dan Bulungan, Kalimantan Utara, telah aktif melakukan sosialisasi tentang rekrutmen ini.

Kombes Pol Agus Nugraha dan AKP Ma’at dari Polresta Bulungan menekankan pentingnya persiapan bagi calon anggota Polri, termasuk memahami persyaratan dan proses seleksi.

“Saat ini masih dalam tahap sosialisasi. Ini sekali lagi merupakan masa persiapan bagi adik-adik yang mau mendaftar menjadi anggota Polri tahun 2024,” ujarnya.

Baca Juga: Kemenag Buka Lowongan Kerja 500 Dai Ramadan 2024, Usia 40 Bisa Daftar, Ini Benefit yang Didapat

Persyaratan Umum Penerimaan Polri 2024

Selain untuk penyandang disabilitas, tahun ini Polri juga akan menggelar rekrutmen untuk Akademi Kepolisian (Akpol), Bintara dan Tamtama bagi lulusan SMA /SMK.

Beberapa persyaratan umum mencakup kewarganegaraan Indonesia, kesehatan fisik dan mental, serta batasan usia dan tinggi badan tertentu. Polri juga mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati terhadap penipuan terkait penerimaan anggota Polri.

Beberapa persyaratan umum Penerimaan Polri 2024 yaitu:

  • WNI
  • Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan
  • Setia kepada NKRI
  • Sehat jasmani dan rohani 
  • Tinggi badan pria 165 cm dan wanita 160 cm
  • Untuk lulusan SMA/sederajat, usia minimal 17 tahun dan maksimal 20 tahun,
  • Untuk D-1 sampai dengan D-3 maksimal umur 22 tahun dan untuk lulusan D-IV sampai S-1 maksimal umur 26 tahun

Persyaratan lengkap nantinya akan diumumkan jika pendaftaran sudah dibuka.

“Apabila ada oknum anggota Polri maupun masyarakat yang menjanjikan masuk anggota Polri bisa dengan cara bayar, silahkan laporkan kepada kami,” ujarnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x