Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Produsen Ban PT Hung-A PHK 1.500 Pegawai di Cikarang, Penjualan Menurun dan Pindah ke Vietnam

Kompas.tv - 19 Januari 2024, 07:40 WIB
produsen-ban-pt-hung-a-phk-1-500-pegawai-di-cikarang-penjualan-menurun-dan-pindah-ke-vietnam
Ilustrasi. Produsen ban asal Korea Selatan yang telah beroperasi puluhan tahun di Indonesia, PT Hung-A, melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap sekitar 1.500 pekerjanya. (Sumber: Tribunsolo.com)
Penulis : Dina Karina | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Produsen ban asal Korea Selatan yang telah beroperasi puluhan tahun di Indonesia, PT Hung-A, melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap sekitar 1.500 pekerjanya. Hal ini pertama kali diketahui publik lewat sejumlah unggahan di media sosial. 

Salah satunya unggahan akun Instagram @bekasi.kita. Dalam video yang diunggah akun tersebut, terlihat para karyawan PT Hung-A yang tengah melakukan perpisahaan setelah mendapat pemberitahuan PHK dari perusahaan. 

Sebagai informasi, PT Hung-A yang memiliki pabrik di Cikarang, Jawa Barat, memproduksi berbagai jenis ban untuk kendaraan roda dua dan empat dan mengekspor lebih dari 70 persen produknya ke Eropa.

Ketua Serikat Pekerja Logam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (SPL FSPMI) Kabupaten/Kota Bekasi Sarino membenarkan PT Hung-A akan memecat 1.500 pegawai dan menutup operasionalnya pada Februari 2024.

"Iya, 1.500-an di PHK," kata Sarino, Rabu (17/1/2024), seperti dikutip dari Tribunnews.com.

Baca Juga: Turut Kritik Kenaikan Pajak Hiburan Khusus, Hotman Paris: Terancam PHK Ribuan Karyawan!

Ia mengatakan proses PHK sudah dimulai sejak Selasa (16/1/2024). Sementara saat ini tengah dilakukan proses negosiasi antara pekerja dan perusahaan.

"Masih dalam proses perundingan," ujarnya. 

Sarino menyebut PT Hung-A akan merelokasi pabriknya ke negara lain. 



Sumber : Kompas.com, Tribunnews.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x