Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Tarif Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran Naik Mulai Hari Ini, Berikut Detailnya

Kompas.tv - 13 Januari 2024, 07:28 WIB
tarif-tol-cengkareng-batu-ceper-kunciran-naik-mulai-hari-ini-berikut-detailnya
Mulai hari ini, Sabtu (13/1/2024), Jasa Marga menaikkan tarif Jalan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran (CBK). (Sumber: JASA MARGA )
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mulai hari ini, Sabtu (13/1/2024), Jasa Marga menaikkan tarif Jalan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran (CBK). 

Jasa Marga menyatakan, pemberlakukan penyesuaian tarif dilakukan berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor: 1982/KPTS/M/2023 tanggal 29 Desember 2023 Tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Ruas Jalan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran.

Pemberlakuan tarif baru pada Jalan Tol CBK dengan tarif terjauh (sistem tertutup) menjadi sebagai berikut:

Baca Juga: Hutama Karya akan Naikkan Tarif 4 Ruas Tol Trans Sumatera Tahun Ini

Tarif Baru Jalan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran (CBK):

  • Gol I: yang semula Rp25.500 menjadi Rp27.000
  • Gol II: yang semula Rp38.000 menjadi Rp41.000
  • Gol III: yang semula Rp38.000 menjadi Rp41.000
  • Gol IV: yang semula Rp51.000 menjadi Rp54.500
  • Gol V: yang semula Rp51.000 menjadi Rp54.500 

Mengutip keterangan resmi Jasa Marga, Jalan Tol CBK dikelola oleh anak usahanya yaitu PT Jasamarga Kunciran Cengkareng.

Tol tersebut memiliki 5 lokasi Gerbang Tol, yaitu Gerbang Tol Benda Utama, Gerbang Tol Tanah Tinggi, Gerbang Tol Buaran Indah, Gerbang Tol Pinang dan Gerbang Tol Kunciran.

Baca Juga: Bos KAI Commuter Sebut Tarif KRL akan Naik di 2024: Tunggu Tanggal Mainnya

Pengguna jalan tol golongan 1 (sedan, jip, pick up atau truk kecil, dan bus) yang melakukan perjalanan melalui gerbang tol dalam jaringan Ruas Tol CBK, misalnya pengguna jalan tol dengan kendaraan minibus masuk dari Gerbang Tol (GT) Benda dan keluar melalui GT Kunciran akan dikenakan tarif Rp 27.000,-, yang semula Rp 25.500,-

"Sistem transaksi di Jalan Tol CBK menggunakan sistem transaksi tertutup, sehingga akan dikenakan tarif proporsional berdasarkan jarak tempuhnya sesuai dengan Keputusan Menteri PUPR dimaksud," tulis Jasa Marga. 

Jalan Tol Cengkareng - Batu Ceper - Kunciran terintegrasi dengan jalan tol lain. Salah satunya dengan Jalan Tol Kunciran-Serpong melalui Kunciran Junction, yang merupakan alternatif pengguna jalan wilayah Jabodetabek khususnya dari Tangerang Raya menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Baca Juga: PLN Gelar Promo Tambah Daya, Tarif Normal Jutaan Kini Cukup Bayar Rp202.400

Pihak Jasa Marga menjelaskan, pengguna jalan dari arah Pamulang saat ini memiliki alternatif rute menuju Bandara Soekarno-Hatta yang semakin memangkas waktu perjalanan. 

Yakni dengan melintasi Tol Pamulang-Serpong, Jalan Tol Serpong-Kunciran dan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran.

"Dengan terintegrasinya dengan ruas jalan tol lain, maka pengguna jalan yang menerus dari Pamulang menuju Bandara Soekarno-Hatta akan dikenakan tarif Jalan Tol Pamulang-Serpong, Jalan Tol Serpong-Kunciran dan Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran, pada saat bertransaksi di Gerbang Tol (GT) Benda Utama," kata Jasa Marga. 

Jalan tol sepanjang 14,19 KM ini melewati Kota Tangerang yang merupakan wilayah yang didominasi oleh sektor industri dan tempat tinggal, sehingga Jalan Tol CBK juga menjadi alternatif pilihan angkutan industri.

Baca Juga: Naik Whoosh Bisa Parkir di Stasiun Kereta Cepat, Tarifnya Rp5.000 untuk 1 Jam Pertama

"Diimbau kepada pengguna jalan tol untuk memastikan kecukupan saldo uang elektronik, memastikan kelayakan kendaraan dan kecukupan Bahan Bakar Minyak (BBM) sebelum memasuki jalan tol," kata Jasa Marga. 

Informasi lalu lintas jalan tol Jasa Marga Group dapat diakses melalui One Call Center 24 Jam di nomor 14080, akun X @PTJASAMARGA dan aplikasi Travoy 4.1 untuk pengguna iOS dan Android.



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x