Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Meski Dilarang Terbang Kemenhub, Lion Air Pastikan Boeing 737-9 MAX Milik Mereka Aman

Kompas.tv - 8 Januari 2024, 21:05 WIB
meski-dilarang-terbang-kemenhub-lion-air-pastikan-boeing-737-9-max-milik-mereka-aman
Ilustrasi: Boeing 737 Max di parkiran Seattle, Washington. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Lion Air memastikan tiga pesawat Boeing 737-9 MAX milik mereka aman dan bukan tipe yang sama dengan pesawat milik Alaska Airlines yang mengalami insiden pintu darurat lepas.

Berdasarkan hasil mitigasi dan inspeksi internal pada Boeing 737-9 MAX bersama pabrikan pesawat Boeing dan pihak berwenang lainnya, Lion Air menegaskan bahwa pesawat mereka bukan tipe mid exit door non-aktif.

"Berdasarkan hasil koordinasi bersama pabrikan pesawat Boeing dan pihak berwenang lainnya, Lion Air menegaskan bahwa Boeing 737-9 MAX yang dioperasikan tidak termasuk dalam kategori pesawat yang mengalami insiden terkait pintu darurat bagian tengah (mid cabin door)," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro dalam rilis yang diterima KompasTV, Senin (8/1/2024).

Danang menjelaskan, Boeing 737-9 MAX Lion Air memiliki konfigurasi (desain) berbeda dengan pesawat yang terlibat (mengalami) insiden di Portland, Oregon, Amerika Serikat.

Boeing 737-9 MAX Lion Air dilengkapi mid cabin emergency exit door type II active door, yang berarti sistem pada pintu darurat bagian tengah tersebut berfungsi aktif dan dapat dioperasikan secara baik.

Lebih lanjut, Danang juga mengatakan bahwa tiga pesawat Boeing 737-9 MAX Lion Air tidak termasuk dalam kategori perintah keselamatan udara yang memerlukan tindakan segera atau Emergency Airworthiness Directive (EAD) nomor 2024-02-51 yang diterbitkan Federal Aviation Administration (FAA) pada 6 Januari 2024.

Hal itu dikarenakan Boeing 737-9 MAX Lion Air tidak menggunakan tipe pintu darurat bagian tengah yang non-aktif (mid cabin door plug) melainkan menggunakan (mengoperasikan) jenis pintu darurat bagian tengah yang aktif dan dapat dioperasikan dengan aman.

Danang menambahkan, Lion Air terus berkoordinasi bersama pihak Boeing, regulator Indonesia dan otoritas penerbangan sipil terkait dalam memastikan keselamatan dan kenyamanan penerbangan. 

"Lion Air selalu mengedepankan faktor-faktor yang memenuhi kualifikasi keselamatan dan keamanan penerbangan sebagai prioritas utama (safety first) dalam setiap aspek operasional dan layanan penerbangan," ucapnya.

Baca Juga: Jendela Pesawat Alaska Airlines Copot di Udara, Seorang Anak Nyaris Tersedot Keluar Pesawat



Sumber : Kompas TV, Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x