Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Jokowi Resmikan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor, dari Cimanggis ke Soetta 30 Menit

Kompas.tv - 8 Januari 2024, 11:42 WIB
jokowi-resmikan-tol-pamulang-cinere-raya-bogor-dari-cimanggis-ke-soetta-30-menit
Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor yang digelar di Gerbang Tol Limo Utara, Kota Depok, Jawa Barat, Senin (8/1/2024). (Sumber: BPMI Setpres)
Penulis : Dina Karina | Editor : Deni Muliya

DEPOK, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor yang digelar di Gerbang Tol Limo Utara, Kota Depok, Jawa Barat, Senin (8/1/2024).

Presiden juga menjelaskan bahwa jalan tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor akan melengkapi struktur jaringan jalan tol yang ada di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi).

Di antaranya adalah lingkar dalam, Jakarta Outer Ring Road 1, dan Jakarta Outer Ring Road 2.

“Alhamdulillah pagi hari ini kita resmikan jalan tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor dengan total panjang 14,8 km dan total investasi yang dikeluarkan adalah Rp4 triliun,” kata Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Bantah Tak Netral di Pilpres 2024 usai Bertemu Prabowo, Airlangga dan Zulhas

"Jalan tol ini yang kita resmikan ini adalah bagian dari JORR 2 yang juga tinggal nanti berapa kilometer lagi tadi saya tanyakan kepada Menteri PU akan bisa diselesaikan di kuartal kedua tahun ini,” tambahnya. 

Presiden pun berharap, kehadiran Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor dapat memberikan lebih banyak alternatif jalan kepada masyarakat untuk menjangkau tempat-tempat di Jabodetabek. 

“Ini akan memperlancar mobilitas orang, mobilitas barang, mobilitas logistik yang kita harapkan ini akan mengurangi kemacetan dan masyarakat memiliki pilihan, memiliki alternatif dengan menggunakan ruas jalan yang lebih lancar,” tuturnya. 

Baca Juga: Respons Jokowi saat Anies Bandingkan Gaji TNI/Polri dengan Era SBY: Semua dengan Pertimbangan Matang

Sebelumnya, Tol Serpong-Cinere Seksi 2 Pamulang-Cinere sudah beroperasi secara fingsional saat Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Adapun Tol Serpong-Cinere dioperasikan oleh anak usaha Jasa Marga yaitu PT Cinere Serpong Jaya (CSJ). 

Mengutip pemberitaan Kompas.tv, Direktur Utama CSJ Mirza Nurul Handayani mengatakan, kehadiran ruas Tol Serpong - Cinere Seksi 2 dapat membantu mengurai kepadatan lalu lintas. 

"Dengan adanya ruas Tol Serpong - Cinere yang merupakan bagian dari Jalan Tol JORR 2 dapat membantu dalam mengurai kepadatan lalu lintas di Jalan Tol JORR 1," kata Mirza pada Senin (18/12/2023). 



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x