Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

KemenPANRB akan Maraton Rapat dengan K/L dan Pemda Bahas Teknis Rekrutmen CASN 2024

Kompas.tv - 8 Januari 2024, 07:40 WIB
kemenpanrb-akan-maraton-rapat-dengan-k-l-dan-pemda-bahas-teknis-rekrutmen-casn-2024
Suasana rapat Tindak Lanjut Pengadaan ASN Tahun 2024, di rumah dinas Menteri PANRB Azwar Anas, Sabtu (6/1/2024). (Sumber: menpan.go.id)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Rekrutmen calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2024 telah diumumkan secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo pada Jumat (5/1/2024) lalu. Ada kebutuhan 2,3 juta formasi dalam CASN 2024. 

Menindaklanjuti hal ini, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah menggelar rapat pada akhir pekan kemarin, untuk mendetailkan teknis rekrutmen.

MenpanRB Abdullah Azwar Anas menyampaikan, mulai pekan ini pihaknya juga akan mengadakan rapat dengan seluruh kementerian, lembaga, pemerintah daerah termasuk para pengelola kepegawaian di seluruh Indonesia.

"Kita dorong agar instansi pemerintah baik pusat maupun daerah memanfaatkan alokasi formasi secara baik agar reformasi birokrasi berdampak bisa benar-benar terwujud secara optimal," kata Anas dalam keterangan tertulisnya, dikutip Senin (8/1/2024). 

Baca Juga: Pendaftaran CPNS 2024, Berikut Link dan Cara Buat Akun SSCASN

Kementerian PANRB juga akan menggelar pertemuan dan berkoordinasi dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani terkait pembiayaan secara efisien dan efektif. 

“Setelah berkoordinasi dengan Menteri Keuangan, Kementerian PANRB menetapkan semua detail teknis rekrutmen ASN secara nasional untuk tahun 2024," ujar mantan Kepala LKPP itu. 

Ia menjelaskan, tahun ini pemerintah memberi alokasi cukup besar bagi fresh graduate untuk mengikuti CASN. Baik untuk dosen, guru, tenaga kesehatan, tenaga teknis termasuk di dalamnya talenta digital, dan banyak sektor penting lainnya. Formasi CPNS yang dapat dilamar oleh fresh graduate sebesar 690.822 formasi.

Anas menyebut, alokasi untuk fresh graduate adalah komitmen negara guna memberikan kesempatan kepada talenta-talenta muda terbaik untuk mendarmabaktikan pikiran dan tenaganya kepada bangsa. 

Sementara perekrutan talenta digital diharapkan dapat mendorong birokrasi dan pelayanan publik berjalan lebih efektif melayani dan efisien. Rekrutan baru CASN 2024 juga akan didorong untuk memperkuat akuntabilitas kinerja pemerintah.

Baca Juga: Menpan RB Sebut Tes CASN Transparan: Nilai Langsung Keluar, Live Score di YouTube

"Talenta-talenta baru baru ini selain agar berdampak dan mengakselerasi ekonomi nasional yang penting adalah agar akuntabilitas birokrasi ini semakin bagus. Talenta digital dan formasi baru kita dorong agar dapat memperkuat Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP)," lanjutnya. 

Mantan Bupati Banyuwangi itu juga menegaskan, seleksi CASN dilaksanakan berdasarkan prinsip kompetitif, adil, objektif, transparan, bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme, serta tidak dipungut biaya. 



Sumber :

BERITA LAINNYA



Close Ads x