Kompas TV ekonomi loker

CPNS 2024, Berikut 6 Dokumen Penting untuk Syarat Daftar

Kompas.tv - 7 Januari 2024, 14:38 WIB
cpns-2024-berikut-6-dokumen-penting-untuk-syarat-daftar
Ilustrasi tes SKD. Berikut jadwal, lokasi dan ketentuan tes SKD CPNS Kemenkumham 2023 yang dimulai dilaksanakan pada 9 November 2023. (Sumber: kemkes.go.id)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Azwar Anas mengungkapkan, seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024 akan segera dibuka.

Hal ini membawa antusiasme dan peluang baru bagi para pencari kerja di Indonesia. 

Pernyataan tersebut diungkapkan oleh Menteri Azwar Anas, menambahkan pengumuman resmi terkait CPNS 2024 akan dirilis di pekan pertama Januari 2024.

Azwar Anas menjelaskan, Presiden Jokowi meminta agar rekrutmen CPNS kali ini memberikan prioritas kepada para fresh graduate atau lulusan baru. 

Namun, ia belum dapat merinci jumlah formasi yang akan tersedia, karena Presiden Jokowi dijadwalkan akan mengumumkannya pada minggu pertama bulan Januari.

Selain rekrutmen CPNS, pemerintah juga akan membuka peluang bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Azwar Anas menyatakan, sekitar 1,6 juta formasi PPPK akan dibuka, dan proses seleksi akan disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

Dalam rencana pembukaan formasi pada tahun 2024, pemerintah dikabarkan akan memberikan prioritas pada lulusan baru dan formasi talenta digital.

Ini sejalan dengan upaya untuk mengakomodasi kebutuhan sumber daya manusia yang handal di era transformasi digital.

Sementara menantikan pengumuman resmi, calon peserta seleksi CPNS 2024 disarankan untuk mempersiapkan dokumen-dokumen penting yang menjadi persyaratan, sehingga dapat mengikuti proses seleksi dengan lancar. 

Informasi lebih lanjut mengenai persyaratan tersebut akan diumumkan bersamaan dengan pengumuman resmi rekrutmen CPNS 2024.

Baca Juga: Rekrutmen CPNS 2024, Berikut Syarat, Rincian Formasi dan Jadwal Pendaftarannya

Berkaca dari pendaftaran CPNS tahun-tahun sebelumnya, berikut 6 dokumen yang harus disiapkan:

1. Kartu Keluarga



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x