Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Wisatawan Membeludak, Menparekraf Ingatkan Pengelola Wisata Terapkan Crowd Management

Kompas.tv - 27 Desember 2023, 21:05 WIB
wisatawan-membeludak-menparekraf-ingatkan-pengelola-wisata-terapkan-crowd-management
Pengunjung memadati Taman Margasatwa Ragunan saat Libur Natal 2023. Menparekraf Sandiaga Uno meminta pengelola wisata di berbagai daerah agar memperkuat penerapan pengelolaan kerumunan (crowd management), saat momen libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.  (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dina Karina | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meminta pengelola wisata di berbagai daerah agar memperkuat penerapan pengelolaan kerumunan (crowd management) saat momen libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. 

Ia mengatakan, penerapan protokol CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability) termasuk tata kelola kerumunan, perlu dipersiapkan agar dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi wisatawan saat berlibur. 

"Pengelola destinasi harus menyiapkan mitigasi saat wisatawan membeludak agar tetap ada crowd control, ada pengelolaan terhadap penumpukan pengunjung," kata Sandiaga dikutip dari laman resmi Kemenparekraf, Rabu (27/12/2023). 

Manajemen kepadatan pengunjung penting dilakukan karena kasus Covid-19 yang belakangan meningkat. Serta, mengingat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 merupakan salah satu momentum pergerakan manusia dan ekonomi yang signifikan di samping libur akhir pekan (weekend). 

Baca Juga: Jakarta-Singapura dan Jakarta-Denpasar Masuk Daftar Rute Penerbangan Tersibuk di Dunia pada 2023

Sandi menyampaikan, Kemenparekraf akan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait termasuk Kementerian Kesehatan untuk memastikan COVID-19 tetap terkendali. 

Ia juga mengimbau agar wisatawan tetap meningkatkan kewaspadaan dengan menerapkan protokol kesehatan. Ia melihat saat ini wisatawan telah memiliki kesadaran tinggi untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.  

Menparekraf sebelumnya juga telah mengeluarkan surat edaran yang ditujukan kepada kepala daerah, asosiasi usaha pariwisata, serta pengelola/pelaku usaha pariwisata tentang penyelenggaraan kegiatan wisata yang aman, nyaman, dan menyenangkan pada saat perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. 

Selain penerapan CHSE, surat edaran juga mengimbau agar seluruh pihak terkait dapat berkoordinasi dengan pihak terkait di daerah masing-masing, melakukan kalibrasi atau uji petik keamanan dan kelaikan.

Baca Juga: ASDP Tambah Tol Gate & 1.000 Petugas di Puncak Arus Balik Nataru

Serta melakukan perawatan terhadap fasilitas/wahana usaha secara berkala, melakukan mitigasi bencana, memastikan kesiapan petugas dan pengelola dalam pelayanan wisata, dan lain sebagainya.

"Hal-hal ini yang saya harap dapat menjadi perhatian. Mudah-mudahan COVID-19 tetap terkendali dan silakan berwisata dengan tetap penuh kewaspadaan," ujarnya. 




Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x