Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Operasional Exit Tol KM 149 Padaleunyi Diperpanjang, Permudah Akses Penumpang Whoosh ke Tegalluar

Kompas.tv - 25 Desember 2023, 14:50 WIB
operasional-exit-tol-km-149-padaleunyi-diperpanjang-permudah-akses-penumpang-whoosh-ke-tegalluar
Jasa Marga memperpanjang waktu operasional Akses Km 149 Jalan Tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi). Perpanjangan jam operasional tersebut mempermudah penumpang Kereta Cepat Whoosh tujuan Stasiun Tegalluar, yang akan melanjutkan perjalanan dengan kendaraan pribadi. (Sumber: KCIC)
Penulis : Dina Karina | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jasa Marga memperpanjang waktu operasional Akses Km 149 Jalan Tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi) menjadi dari pukul 06:00 sampai pukul 22:00 WIB, dari sebelumnya pukul 07.00 sampai pukul 17:00 WIB sejak 23 Desember lalu. 

GM Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Eva Chairunisa mengatakan perpanjangan jam operasional tersebut mempermudah penumpang Kereta Cepat Whoosh tujuan Stasiun Tegalluar, yang akan melanjutkan perjalanan dengan kendaraan pribadi.

"Exit tol Km 149 ini merupakan salah satu akses yang dapat digunakan oleh penumpang untuk mengakses Stasiun Tegalluar. Perpanjangan operasional ini akan semakin memudahkan penumpang yang akan berangkat menggunakan kereta pagi ataupun malam dari Stasiun Tegalluar," kata Eva pada akhir pekan lalu, dikutip dari Antara.

Eva menyampaikan, selain melalui akses tol, penumpang dengan tujuan Stasiun Tegalluar juga bisa menggunakan layanan shuttle yang tersedia menuju Summarecon Bandung, Masjid Al Jabbar, Stasiun Gedebage, Trans Studio Mall, Alun Alun Bandung, Pasar Baru, Stasiun Bandung, dan berbagai destinasi lainnya.

Baca Juga: Harga Tiket Safari Malam di Taman Safari Bogor, Ada Atraksi Khusus saat Libur Nataru

"Peningkatan aksesibilitas untuk memudahkan penumpang kereta cepat terus dilakukan, mengingat saat ini KCIC secara konsisten terus melakukan penambahan jumlah perjalanan kereta cepat Whoosh, menyesuaikan dari evaluasi berkala yang dilakukan KCIC," ujarnya. 

KCIC juga menambah jumlah perjalanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung dari 40 perjalanan menjadi hingga 48 perjalanan per hari.

Dengan adanya penambahan jadwal perjalanan ini, kapasitas kursi yang disediakan mencapai hingga 28.000 kursi/hari.

Adapun jam operasionalnya dimulai dari keberangkatan pertama pada pukul 06.15 WIB hingga kedatangan terakhir pukul 21.16 WIB.

Diberitakan Kompas.tv sebelumnya, akses Tol Km 149 diberlakukan khusus untuk pengguna jalan dengan kendaraan golongan 1 non bus dan non truk yang menuju Gedebage atau destinasi lain di sekitarnya. 

Baca Juga: Damri Buka Pool Baru di Cawang Jaktim, Layani Rute Jakarta-Surabaya dan Jakarta-Malang

Jasa Marga menyebut perpanjangan jam operasional exit tol KM 149 Tol Padaleunyi dilakukan sebagai upaya peningkatan pelayanan bagi pengguna jalan. Serta sebagai tambahan akses alternatif menuju destinasi populer di Jawa Barat, seperti Masjid Al-Jabbar dan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk memastikan kesiapan sebelum melakukan perjalanan.

Di antaranya memenuhi persyaratan perjalanan, memastikan kondisi pengemudi dan kendaraan dalam keadaan prima dan laik jalan, memastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik, mempersiapkan perbekalan, mematuhi rambu dan arahan petugas di lapangan.

Serta terus memperbarui informasi lalu lintas melalui kanal informasi resmi milik Jasa Marga melalui aplikasi Travoy, website www.jasamarga.com atau one call center Jasa Marga 24 jam di nomor telepon 14080.

Baca Juga: Dua Bulan Operasional Kereta Cepat Whoosh: Layani 1.869 Perjalanan, Ketetapatan Waktu Capai 99,9%


 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x