Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Bareng Kepala Otorita IKN dan Ridwan Kamil, Jokowi Tinjau Progres Pembangunan Istana Kepresidenan

Kompas.tv - 21 Desember 2023, 13:31 WIB
bareng-kepala-otorita-ikn-dan-ridwan-kamil-jokowi-tinjau-progres-pembangunan-istana-kepresidenan
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan kunjungan kerja hari keduanya di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, pada Kamis (21/12/2023). Pada Kamis pagi, Presiden Jokowi bersama rombongan terbatas mengunjungi lokasi pembangunan Kantor Presiden. (Sumber: BPMI Setpres)
Penulis : Dina Karina | Editor : Deni Muliya

PENAJAM PASER UTARA, KOMPAS.TV- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan kunjungan kerja hari keduanya di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, pada Kamis (21/12/2023). Pada Kamis pagi,  Presiden Jokowi bersama rombongan terbatas mengunjungi lokasi pembangunan Kantor Presiden.

Dari atas Kantor Presiden, Jokowi didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, dan Kurator Pembangunan IKN Ridwan Kamil, meninjau perkembangan pembangunan kompleks Istana Kepresidenan.

Jokowi  memastikan fasilitas hingga desain bangunan Kantor Presiden dan Istana Kepresidenan sesuai dengan konsep, salah satunya adalah bilah Garuda yang menjadi ikon Istana Kepresidenan di IKN.

Dari lokasi pembangunan Kantor Presiden, ia melanjutkan rangkaian kegiatannya yakni untuk melaksanakan sejumlah groundbreaking dimulai dari fasilitas keamanan hingga pendidikan. Pertama, Presiden akan melaksanakan groundbreaking BSH Community Hub serta The Pakubuwono Nusantara.

Baca Juga: Anggaran Proyek RSUP IKN Rp550 M, Dibangun 20 Lantai dan Punya Fasilitas Super Lengkap

Kemudian, Kepala Negara akan melakukan groundbreaking dua infrastruktur pertahanan dan keamanan, antara lain Komando Distrik Militer (Kodim) Ibu Kota Nusantara A dan Kepolisian Negara Republik Indonesia Resor (Polres) Khusus Kawasan Ibu Kota Nusantara.

Selain itu, Presiden Jokowi akan meluncurkan transportasi ramah lingkungan di IKN. Setelahnya, Presiden diagendakan untuk melaksanakan groundbreaking fasilitas pendidikan yakni Gedung II Kampus Nusantara PSDKU Universitas Gunadarma.

Pada siang hari, Jokowi dijadwalkan untuk mengunjungi pasar di Kabupaten Penajam Paser Utara untuk mengecek kondisi harga di sana. Setelahnya, Presiden bersama rombongan akan melanjutkan perjalanan kembali menuju Jakarta. 

Sebelumnya pada kunjungan hari pertama Rabu (20/12) kemarin, Jokowi meresmikan groundbreaking RSUP IKN dan Nusantara Superblok, serta meninjau progress pembangunan Hotel Nusantara.

Baca Juga: Tinjau Pembangunan Nusantara Hotel dan Nusantara Superblok, Jokowi Senang dengan Progres IKN

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menegaskan, pemantauan perkembangan sejumlah proyek yang telah dilakukan groundbreaking IKN menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan saat ini.

“Yang paling penting yang sudah groundbreaking itu ada progresnya, ada perkembangan setiap bulan. Seperti tadi Hotel Nusantara misalnya sudah selesai 34 persen bagus. Saya tanya, ‘sebelum Agustus selesai?’ selesai,” kata Jokowi dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet.

Ia menyampaikan bahwa pada Januari 2024 nanti direncanakan groundbreaking sejumlah proyek pembangunan lainnya akan dimulai di kawasan IKN.

“Nanti Januari kita akan groundbreaking lagi mungkin lebih dari 10 juga kita mulai lagi,” ungkapnya.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Groundbreaking RSUP IKN, Sebut Ada 3 RS Swasta Lagi yang akan Dibangun

Jokowi juga menyebut sejumlah investor dari dalam negeri yang terus bertambah untuk menanamkan investasinya di IKN, yang beberapa di antaranya telah bekerja sama dengan investor asing. Presiden pun menilai kolaborasi tersebut merupakan hal yang baik.

“Tapi yang jelas makin banyak investor yang datang, investor lokal, investor nasional yang juga beberapa sudah berpartner dengan asing saya kira akan bagus sekali,” imbuhnya



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x