Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Tiket Kereta Cepat Whoosh untuk Natal dan Tahun Baru sudah Bisa Dipesan Mulai Hari Ini

Kompas.tv - 14 Desember 2023, 16:36 WIB
tiket-kereta-cepat-whoosh-untuk-natal-dan-tahun-baru-sudah-bisa-dipesan-mulai-hari-ini
Bagi masyarakat yang ingin menghabiskan libur akhir tahun menggunakan Kereta Cepat Whoosh, tiketnya sudah bisa dipesan mulai h-7 di seluruh channel penjualan tiket resmi Kereta Cepat Whoosh. Pemesanan tiket dapat dilakukan melalui aplikasi Whoosh, website ticket.kcic.co.id, loket, Ticket Vending Machine, dan channel resmi mitra KCIC yaitu aplikasi Access by KAI, Livin by Mandiri, BRImo, dan BNI Mobile Banking. (Sumber: KCIC)
Penulis : Dina Karina | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV- Bagi masyarakat yang ingin menghabiskan libur akhir tahun menggunakan Kereta Cepat Whoosh, tiketnya sudah bisa dipesan mulai h-7 di seluruh channel penjualan tiket resmi Kereta Cepat Whoosh.

Pemesanan tiket dapat dilakukan melalui aplikasi Whoosh, website ticket.kcic.co.id, loket, Ticket Vending Machine, dan channel resmi mitra KCIC yaitu aplikasi Access by KAI, Livin by Mandiri, BRImo, dan BNI Mobile Banking.

Manager Corporate Communication KCIC, Emir Monti mengatakan, KCIC menerapkan masa periode Angkutan Natal dan Tahun Baru selama 13 hari, yaitu mulai 21 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024.

“Untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin berlibur, KCIC telah menyiapkan lebih dari 20 ribu tempat duduk Kereta Cepat Whoosh setiap harinya selama masa liburan Nataru,” kata Emir dalam keterangan tertulisnya, Kamis (14/12/2023).

Baca Juga: Tiket Kereta Api Libur Nataru Masih Banyak Tersedia, Cek Sisa Kuotanya!

Ia menjelaskan, Kereta Cepat Whoosh dioperasikan dengan jadwal dari pukul 06:15 hingga pukul 20:30 setiap harinya.

Terdapat 16 perjalanan yang memiliki headway di 25-35 menit, dan selebihnya memiliki headway di 50-60 menit.

KCIC akan mengevaluasi pola operasi secara rutin di mana sewaktu-waktu terjadi peningkatan jumlah penumpang akan dilakukan penambahan perjalanan.

Untuk memberikan pelayanan yang optimal, KCIC menerapkan skema dynamic pricing dalam penentuan tarif Kereta Cepat Whoosh.

Dalam menetapkan tarif yang ditawarkan, KCIC mempertimbangkan berbagai aspek seperti, jam keberangkatan, jumlah permintaan, atau periode keberangkatan.

"Selain itu, KCIC telah melakukan berbagai persiapan menyambut periode Nataru, termasuk pengecekan berkala terhadap sarana dan prasarana perkeretaapian seperti EMU, listrik aliran atas, rel, dan fasilitas lainnya. Penyiapan fasilitas di masing-masing stasiun dan kesiapan SDM operasional juga telah menjadi fokus utama perusahaan," ujarnya. 

Ia menambahkan, peningkatan pelayanan juga terus akan dilakukan seperti penambahan lokasi kuliner, penyediaan ornamen khusus di stasiun, penambahan destinasi wisata yang bekerjasama, dan lainnya.

Adapun di Stasiun Halim saat ini sudah menyediakan lebih dari 70 tenant, di mana 66 tenant di antaranya merupakan UMKM.

Baca Juga: Naik Kereta Cepat Whoosh Dapat Liburan Gratis di 6 Tempat Wisata Daerah Bandung, Begini Syaratnya

Emir menjelaskan, berbagai persiapan yang KCIC lakukan bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan dan memenuhi kebutuhan penumpang saat menggunakan Whoosh sejak berada di stasiun dan selama dalam perjalanan.

“Kami berharap masyarakat dapat beralih dari kendaraan pribadi untuk menggunakan Kereta Cepat Whoosh pada liburan akhir tahun kali ini. Kehadiran Kereta Cepat Whoosh di tahun 2023 ini akan memberikan pengalaman baru yang berkesan bagi masyarakat yang ingin berlibur di wilayah Bandung atau Jakarta dan sekitarnya melalui perjalanan yang singkat dan ketepatan waktu yang dapat diandalkan," tuturnya. 

Pembelian Tiket Kereta Cepat Whoosh

  1. Pembelian tiket dapat dilakukan secara offline dan online.
  2. Pembelian offline dapat dilakukan di loket stasiun hingga 30 menit sebelum jadwal keberangkatan dengan metode pembayaran tunai maupun non tunai (Debit Card, Credit Card, dan QRIS)
  3. Ticket Vending Machine hingga 60 menit sebelum jadwal keberangkatan dengan metode pembayaran menggunakan QRIS
  4. Pembelian online dapat dilakukan melalui:
  • Aplikasi Whoosh Kereta Cepat hingga 60 menit sebelum jadwal keberangkatan dengan metode pembayaran menggunakan transfer bank, QRIS, E-Wallet, dan kartu kredit.
  • Website ticket.kcic.co.id hingga 60 menit sebelum jadwal keberangkatan dengan metode pembayaran menggunakan transfer bank, QRIS, E-Wallet, dan kartu kredit.
  • Aplikasi resmi lainnya yaitu Access by KAI dan Livin by Mandiri hingga 60 menit sebelum jadwal keberangkatan dengan metode pembayaran menggunakan transfer bank, QRIS, E-Wallet, dan kartu kredit.

Baca Juga: Fasilitas KA Argo Dwipangga New Generation, Pintu Otomatis Hingga Toilet Khusus Pria dan Wanita

Ketentuan Boarding Kereta Cepat Whoosh

  1. Boarding adalah proses pemeriksaan tiket penumpang Kereta Cepat Whoosh sebelum diizinkan masuk ke peron stasiun Kereta Cepat dan melanjutkan perjalanan
  2. Boarding atau pemeriksaan tiket dibuka paling cepat 30 menit sebelum jadwal keberangkatan dan ditutup 5 menit sebelum jadwal keberangkatan.
  3. Penumpang wajib memasukkan Tiket Fisik atau memindai QR Code Code Tiket dari Aplikasi ke gate boarding sesuai dengan jadwal dan waktu yang ditentukan.
  4. Setiap penumpang wajib menggunakan Tiket Fisik atau QR Code tiketnya masing-masing.
  5. Penumpang Kereta Cepat Whoosh diimbau untuk tiba di stasiun 30 menit sebelum jadwal keberangkatan untuk menghindari tertinggal kereta.
  6. Penumpang yang datang terlambat, maka tiket yang telah dibeli tidak dapat dikembalikan dan tidak dapat digunakan untuk perjalanan kereta selanjutnya.

Registrasi Akun Whoosh

  • Pendaftaran Pengguna Melalui Aplikasi dan Website
  • Download aplikasi Whoosh Kereta Cepat pada Playstore dan AppStore atau buka website ticket.kcic.co.id
  • Buka aplikasi dan pilih opsi “Registrasi”
  • Isi semua data personal yang ada;
  1. Username
  2. Password (terdiri dari 8-16 karakter, menggunakan angka,lambang, huruf depan kapital)
  3. Jenis Kelamin
  4. Tanggal Lahir
  5. Tipe Pengguna (dewasa/ anak anak)
  6. Negara asal
  • Pilih tipe dokumen yang akan dipilih (KTP/Passport). Lalu isi nomor, nama dan tanggal habis masa berlaku dokumen tersebut.
  • Kemudian masukan email dan nomor WhatsApp pengguna, lalu klik tombol merah “kirim/send” untuk memperoleh kode verifikasi yang dikirimkan ke email dan WhatsApp yang sudah didaftarkan.
  • Mohon untuk tidak menklik tombol merah secara terus menerus untuk menghindari gagalnya registrasi
  • Setelah kode verifikasi email dan whatsapp di isi, lalu klik Terms of Service and Privacy Agreement dan klik submit.
  • Geser graphic validation/puzzle yang muncul.
  • Selamat Anda sudah berhasil melakukan registrasi!

Baca Juga: SKB CPNS Kemenag Digelar 19 Desember 2023, Ini Tata Tertib dan Sanksi bagi yang Melanggar

Ketentuan Pengajuan Refund

  1. Pembatalan dilakukan di Loket Stasiun Kereta Cepat Whoosh dengan jam pelayanan sbb:
  2. Stasiun Kereta Cepat Halim 05.30 WIB s.d 20.30 WIB
  3. Stasiun Kereta Cepat Padalarang 05.30 WIB s.d 20.30 WIB
  4. Stasiun Kereta Cepat Tegalluar 05.30 WIB s.d 20.30 WIB
  5. Pembatalan maksimal dilakukan 2 jam sebelum jadwal keberangkatan
  6. Mengisi data formulir pembatalan tiket
  7. Mengirim scan/foto formulir pembatalan yang sudah diisi ke email [email protected] dengan menyertakan rincian berupa;
  8. Nomor ID Card/Passport number
  9. Screenshot bukti pemesanan dan bukti pembayaran tiket atau tiket fisik yang sudah dicetak
  10. Jika pembatalan tiket dilakukan oleh orang lain atau orang yang namanya tidak tertera di tiket, maka orang tersebut perlu membawa surat kuasa yang ditandatangani pemilik tiket atau orang yang namanya tercantum di tiket.


Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x