Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Pencairan BPNT Desember 2023 Apakah Sudah Dilakukan? Cek Dulu Penerimanya di Cek Bansos Kemensos

Kompas.tv - 13 Desember 2023, 21:00 WIB
pencairan-bpnt-desember-2023-apakah-sudah-dilakukan-cek-dulu-penerimanya-di-cek-bansos-kemensos
Ilustrasi Bansos. Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sebesar Rp400 ribu, yang sebelumnya dilakukan melalui e-warong, kini akan ditransfer langsung ke rekening bank penerima atau dapat diambil di kantor pos. (Sumber: Grid.id)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Masyarakat penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) menghadapi perubahan signifikan dalam sistem pencairan pada Desember 2023.

Bantuan sebesar Rp400 ribu, yang sebelumnya dilakukan melalui e-warong, kini akan ditransfer langsung ke rekening bank penerima atau dapat diambil di kantor pos.

Perubahan ini merupakan bagian dari inisiatif pemerintah untuk mempermudah dan memberikan fleksibilitas dalam pencairan dana bantuan.

Baca Juga: Info Pencairan BLT BPNT Desember 2023 Rp400 Ribu, Simak Penerimanya Pakai HP di Cek Bansos Kemensos

BPNT tahun 2023 telah memasuki tahap akhir pencairannya. Tahap 4 Program Keluarga Harapan (PKH) dan tahap 6 BPNT untuk pencairan di bank Himbara sedang berlangsung, sementara tahap 4 BPNT di kantor pos juga telah tiba.

Meskipun terdapat perbedaan dalam tahapan pencairan, total bantuan yang diterima oleh penerima BPNT pada tahun 2023 mencapai Rp2,4 juta.

Bantuan ini ditujukan untuk membantu masyarakat dalam membeli kebutuhan pokok seperti beras, telur, dan minyak goreng.

Baca Juga: BLT El Nino 2023 Bantuan Khusus Rp400 Ribu Cair, Simak Penerima via HP di cekbansos.kemensos.go.id

Pencairan BPNT akan berlangsung dengan nilai rapel: Rp400 ribu untuk dua bulan di rekening bank Himbara (BRI, BNI, Mandiri, BTN, dan BSI), dan Rp600 ribu untuk tiga bulan sekali di kantor pos.

Penerima bantuan harus terdaftar dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos) dan memiliki kartu keluarga sejahtera (KKS).

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengimbau penerima bantuan untuk segera melakukan penarikan uang yang telah disimpan di rekening bank atau di kantor pos.

Baca Juga: Info Pencairan Bansos BPNT Desember 2023 Sudah Siap Dicairkan, Simak cekbansos.kemensos.go.id

Cara Mengecek Penerimaan BPNT 2023

  1. Untuk mengecek status penerimaan BPNT 2023, penerima dapat mengunjungi situs cekbansos.kemensos.go.id.
  2. Beberapa indikator yang menunjukkan status penerimaan adalah adanya keterangan "BPNT", status "YA", keterangan "Proses Bank Himbara/Kantor Pos", dan jadwal periode "Oktober-Desember 2023" atau "November-Desember 2023".

Baca Juga: Apa Tanda Bansos BPNT November-Desember 2023 Telah Disalurkan? Bantuan Rp400-600 Ribu Langsung Cair!

Informasi ini membantu penerima memastikan bahwa mereka menerima bantuan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Program BPNT 2023 ini diharapkan dapat memberikan dukungan yang signifikan kepada masyarakat Indonesia, terutama dalam memenuhi kebutuhan dasar pangan mereka.

Perubahan sistem pencairan ini diharapkan dapat memudahkan proses penarikan dan penggunaan bantuan, serta meningkatkan efektivitas distribusi bantuan sosial di Indonesia.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x