Kompas TV ekonomi keuangan

Info Pencairan BLT BPNT Desember 2023 Rp400 Ribu, Simak Penerimanya Pakai HP di Cek Bansos Kemensos

Kompas.tv - 12 Desember 2023, 12:00 WIB
info-pencairan-blt-bpnt-desember-2023-rp400-ribu-simak-penerimanya-pakai-hp-di-cek-bansos-kemensos
Ilustrasi menerima uang bantuan sosial atau bansos dari Kementerian Sosial (Kemensos). (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Masyarakat yang menerima bantuan sosial (bansos) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dihadapkan pada perubahan sistem pencairan yang signifikan pada Desember 2023.

Diketahui bahwa bantuan sebesar Rp 400 ribu, yang sebelumnya melalui sistem e-warong, kini akan ditransfer langsung ke rekening bank atau diambil di kantor pos.

Sejak 2020, BPNT yang awalnya hanya Rp 200 ribu per bulan, kemudian mengalami peningkatan dan perubahan dalam metode pencairannya.

Baca Juga: BLT El Nino 2023 Bantuan Khusus Rp400 Ribu Cair, Simak Penerima via HP di cekbansos.kemensos.go.id

Pernyataan dari Menteri Sosial Tri Rismaharini menegaskan, keputusan ini sejalan dengan Perpres Nomor 63 tahun 2017, yang mempermudah proses pencairan dan memberikan fleksibilitas lebih kepada penerima manfaat.

"Penyaluran BPNT itu kita sepakati dalam bentuk uang kita tidak menggunakan e-warong lagi," ujar Risma di Kantor Kementerian Sosial Jakarta, Kamis (2/3/2023) silam dikutip dari Antara.

Tahapan Pencairan dan Total Bantuan Tahunan BPNT

BPNT 2023 telah memasuki tahap akhir pencairan.

Tahap 4 Program Keluarga Harapan (PKH) dan tahap 6 BPNT untuk pencairan di bank Himbara sedang berlangsung, sementara tahap 4 BPNT di kantor pos juga telah tiba.

Meskipun terdapat perbedaan tahapan, total bantuan yang diterima penerima BPNT pada tahun 2023 mencapai Rp 2,4 juta. 

Baca Juga: Info Pencairan Bansos BPNT Desember 2023 Sudah Siap Dicairkan, Simak cekbansos.kemensos.go.id

Bantuan digunakan masyarakat yang membutuhkan, terutama dalam membeli kebutuhan pokok seperti beras, telur, dan minyak goreng.

Pada Desember 2023, pencairan BPNT terjadi dengan nilai yang dirapel: Rp 400 ribu untuk dua bulan di rekening bank Himbara (BRI, BNI, Mandiri, BTN, dan BSI), dan Rp 600 ribu untuk tiga bulan sekali di kantor pos.

Untuk memastikan penyaluran bantuan ini efektif, semua penerima harus terdaftar dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos) dan memiliki kartu keluarga sejahtera (KKS).

Risma mengimbau, agar penerima bantuan segera melakukan penarikan uang yang telah disimpan di rekening bank atau di kantor pos.

Baca Juga: Bansos Ditukar Paket lebih Kecil, Dinas Sosial Kabupaten Semarang Bantah Adanya Kecurangan

Cara Mengecek Penerimaan BPNT 2023

Untuk mengecek status penerimaan BPNT, penerima dapat login ke situs cekbansos.kemensos.go.id.

Beberapa indikator yang menunjukkan status penerimaan adalah adanya keterangan "BPNT", status "YA", keterangan "Proses Bank Himbara/Kantor Pos", dan jadwal periode "Oktober-Desember 2023" atau "November-Desember 2023".

Baca Juga: Panduan Cek Penerima Bansos El Nino 2023 dan Klaim Rp400 Ribu di cekbansos.kemensos.go.id



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x