Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Spotify PHK 1.500 Karyawan karena Terus Merugi dan Berat Bayar Cicilan Utang

Kompas.tv - 6 Desember 2023, 10:42 WIB
spotify-phk-1-500-karyawan-karena-terus-merugi-dan-berat-bayar-cicilan-utang
Perusahaan layanan streaming musik Spotify akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 17 persen karyawannya. (Sumber: AP)
Penulis : Dina Karina | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Perusahaan layanan streaming musik Spotify akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 17 persen karyawannya. Perusahaan memang tidak mengumumkan secara resmi berapa jumlah karyawan yang di-PHK. Namun, menghitung dari total karyawan sebanyak 9.241 orang, maka jumlah pegawai yang akan dipecat Spotify adalah sekitar 1.500 orang. 

Mengutip laporan Bloomberg, pengumuman PHK itu disampaikan CEO Spotify Daniel Ek lewat memo internal kepada para pekerjanya awal pekan ini.

Dalam memo tersebut, Ek menjelaskan alasan perusahaan mengurangi karyawan. Yaitu untuk membuat perusahaan lebih ramping dan lebih efisien, agar bisa menghasilkan keuntungan. 

Baca Juga: Grab Singapura PHK 1.000 Karyawan, Dikasih Pesangon, Insentif, hingga Laptop

"Hari ini, kita masih memiliki terlalu banyak orang yang ditugaskan untuk mendukung pekerjaan dan bahkan melakukan pekerjaan di sekitar pekerjaan daripada berkontribusi pada peluang dengan dampak nyata. Saat kita tumbuh, kita telah terlalu jauh meninggalkan prinsip dasar ketangkasan ini," tulis Ek dalam memo tersebut. 

Ia mengungkap, pada 2020-2021, perusahaan mengambil pinjaman dari bank untuk mengembangkan bisnis mereka dan mendapat bunga yang murah. 

Dana hasil utang itu digunakan untuk berinvestasi pada sumber daya manusia (SDM), konten, dan pemasaran. 

Saat itu, pandemi membuat semua orang tinggal di rumah dan layanan streaming musik pun kebanjiran pelanggan. Spotify kemudian merekrut banyak karyawan, sehingga total jumlah pegawainya selama 2020-2023 naik dua kali lipat dari periode sebelum pandemi. 

Baca Juga: Garuda Indonesia Gandeng BSI Gelar Pameran Umrah, Catat Tanggal dan Lokasinya

Kondisi berbalik saat perbankan kreditur Spotify menaikkan suku bunga sehingga membuat cicilan utang pun melonjak. Di saat bersamaan, sedang terjadi perlambatan ekonomi global. 

Selama sembilan bulan pertama tahun 2024, Spotify mencatat kerugian sebesar 462 juta euro atau sekitar Rp7,7 triliun. 

"Kami sekarang berada dalam lingkungan yang sangat berbeda. Dan terlepas dari upaya kami untuk mengurangi biaya tahun lalu, struktur biaya kami masih terlalu besar. Struktur yang lebih ramping dari perusahaan akan memastikan profitabilitas Spotify yang berkelanjutan," ujarnya. 


Pemilik saham Spotify juga terus menekan perusahaan agar segera mencetak keuntungan. Ek berjanji Spotify akan kembali menghasilkan profit pada 2024. 

Baca Juga: RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi Usul Inisiatif DPR, PKS Tak Setuju Gubernur Dipilih Presiden

Sepanjang 2023, Spotify sudah tiga kali melakukan PHK. Pada Januari, perusahaan memecat 600 karyawan. Selanjutnya pada Juni, Spotify mem-PHK 200 pegawai dari divisi podcast-nya.

Untuk menekan kerugian dan menghasillan profit, Spotify juga sudah menaikkan harga paket langganannya di sejumlah negara, termasuk AS. 

Ek menyampaikan, para pegawai yang kena PHK akan diberikan pesangon sebesar 5 bulan gaji dan biaya kesehatan mereka akan ditanggung untuk periode tertentu. 

 

 



Sumber : Bloomberg


BERITA LAINNYA



Close Ads x