Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Bisa Pakai HP, Ini Cara Cek Penerima BLT El Nino 2023 Rp400 Ribu, Buka cekbansos.kemensos.go.id!

Kompas.tv - 29 November 2023, 10:22 WIB
bisa-pakai-hp-ini-cara-cek-penerima-blt-el-nino-2023-rp400-ribu-buka-cekbansos-kemensos-go-id
Ilustrasi uang. (Sumber: THINKSTOCKS)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah merespons fenomena El Nino dengan mengumumkan peluncuran Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino. Inisiatif ini berfokus pada pemberian dukungan finansial langsung kepada keluarga yang terdampak dari fenomena ini.

Program BLT El Nino 2023 mencakup pemberian bantuan sebesar Rp400 ribu kepada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk bulan November dan Desember 2023.

Dana bantuan ini, yang totalnya mencapai Rp7,52 triliun, akan disalurkan dalam satu transfer tunggal oleh Kementerian Sosial. 

Baca Juga: Info Bantuan BLT El Nino Rp400 Ribu untuk 18,8 Juta KPM, Langsung Cair Penuh 2 Bulan

Menteri Keuangan Sri Mulyani menekankan bahwa bantuan ini ditujukan untuk meringankan beban finansial keluarga yang terdampak oleh El Nino.

Harapannya, dengan bantuan ini bisa menjaga stabilitas ekonomi pada tingkat rumah tangga. Program ini juga diharapkan mampu meningkatkan daya beli masyarakat, berkontribusi pada kesejahteraan umum di Indonesia.

"Kita transfer satu kali sehingga langsung untuk dua bulan sekaligus Rp400 ribu bagi 18,8 juta KPM, eksekutornya Kemensos," ujar Sri Mulyani, Senin (6/11/2023).

Baca Juga: Rincian Daftar Siswa Penerima Bantuan PIP Kemdikbud SD, SMP, SMA 2023 Cek di pip.kemdikbud.go.id!

Cara Cek Penerima Bansos BLT El Nino

Cara mengecek siapa saja yang menerima bantuan ini bisa menggunakan ponsel atau HP dengan membuka situs cekbansos.kemensos.go.id. Selain itu, penerima juga bisa mengecek menggunakan komputer atau laptop.

Pemerintah juga menyiapkan aplikasi "Cek Bansos" yang tersedia di berbagai platform digital memudahkan pengguna dalam proses verifikasi identitas dan pencarian status bantuan.

Baca Juga: Cara Cek Pencairan dan Penerima Bansos PKH 2023, Lansia Dapat Rp2,4 Juta per Tahun!

Program BLT El Nino ini merupakan langkah penting pemerintah dalam menanggapi dampak ekonomi dari fenomena alam tersebut.


 

Lebih dari sekadar bantuan finansial, program ini menegaskan pentingnya kesinambungan hidup dan kesejahteraan masyarakat di tengah tantangan iklim yang semakin meningkat.

Baca Juga: Info Pencairan Bansos BPNT Tahap 6, Penerima Langsung Dapat Rp400 Ribu Sekali Transfer



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x