Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Ini Produk yang Paling Banyak Diekspor RI ke Israel dan Diimpor Israel ke Indonesia

Kompas.tv - 16 November 2023, 10:57 WIB
ini-produk-yang-paling-banyak-diekspor-ri-ke-israel-dan-diimpor-israel-ke-indonesia
Ilustrasi. Meski tidak punya hubungan diplomatik, Indonesia dan Israel ternyata punya hubungan dagang. Walaupun jumlahnya terbilang sangat kecil dalam nilai perdagangan internasional Indonesia dengan negara lainnya. (Sumber: Nikkei)
Penulis : Dina Karina | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV- Meski tidak punya hubungan diplomatik, Indonesia dan Israel ternyata punya hubungan dagang.

Walaupun jumlahnya terbilang sangat kecil dalam nilai perdagangan internasional Indonesia dengan negara lainnya. 

Lantaran nilai perdagangannya masih kecil, perang yang terjadi antata Israel-Palestina juga tidak berdampak signifikan pada neraca dagang RI saat ini.

"Dapat disimpulkan kondisi politik di kedua negara tersebut tidak signifikan terhadap kinerja perdagangan internasional Indonesia. Kondisi politik di Ukraina-Rusia juga tidak signifikan berpengaruh terhadap kinerja perdagangan internasional di Indonesia di mana komoditas utama impor dari Ukraina adalah serealia," kata Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Pudji Ismartini, dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (15/11/2023). 

Berdasarkan data BPS, share ekspor RI ke Israel dari Januari-Oktober 2023 sebesar 0,07 persen, terhadap total ekspor Indonesia ke Israel.

Adapun share impor nonmigas dari Israel ke Indonesia mencapai 0,0110 persen.

Baca Juga: Waketum MUI Sebut Tidak Pernah Rilis Daftar Produk Terafiliasi Israel

Kemudian nilai ekspor nonmigas Indonesia ke Israel pada Januari-Oktober 2023 mencapai 140,57 juta dolar AS atau setara dengan Rp 2,21 triliun (asumsi kurs Rp 15.699 per dollar AS).

Komoditas utama ekspor nonmigas Indonesia ke Israel adalah lemak dan minyak hewani/nabati; alas kaki; mesin/perlengkapan elektrik dan bagiannya; serat stapel buatan; serta ampas dan sisa industri makanan.

Lalu impor nonmigas Indonesia dari Israel di periode yang sama sebesar 16,97 juta dolar AS. 

Komoditas utama impor dari Israel ke Indonesia mesin dan peralatan mekanis serta bagiannya; perkakas dan peralatan dari logam tidak mulia; mesin dan perlengkapan elektrik serta bagiannya; instrumen optik, fotografi, sinematografi dan medis; serta bahan kimia anorganik.

Baca Juga: 438 Agen Perjalanan Umrah Terancam Dibekukan karena Belum Ikut Sertifikasi Kemenag

Selanjutnya, BPS juga mencatat sepanjang Januari-Oktober 2023, share ekspor Indonesia ke Palestina sebesar 0,0011 persen terhadap total ekspor Indonesia.

Di periode yang sama, share impor Palestina sebesar 0,0000 persen.

"Karena kecil, sehingga kami sampai dengan empat digit desimal masih belum bisa menunjukkan besarannya sehingga masih 0,0000 persen," ujar Pudji seperti dikutip dari Antara. 

Ia memaparkan total ekspor nonmigas Indonesia ke Palestina sepanjang Januari-Oktober 2023 mencapai 2,37 juta dolar AS. 

Komoditas utamanya adalah berupa berbagai makanan olahan; olahan sayuran, buah dan kacang; olahan dari tepung; bahan kimia organik; hingga kayu dan barang dari kayu.

Baca Juga: Kemenag Usul BPIH Haji 2024 Rp105 Juta, Berapa yang Harus Dibayar Jemaah?

Sementara itu, total impor nonmigas Indonesia dari Palestina di periode tersebut mencapai 1,57 juta dolar AS dengan komoditas utama buah-buahan; lemak dan minyak hewani/nabati; karya seni, barang kolektor dan barang antik; karpet dan tekstil penutup lantai lainnya; serta plastik dan barang dari plastik.



Sumber : Antara

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.