Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Puan Harap Mentan Baru Amran Sulaiman Bisa Dorong Produksi Pangan, Biar Tak Impor dan Harga Stabil

Kompas.tv - 26 Oktober 2023, 12:25 WIB
puan-harap-mentan-baru-amran-sulaiman-bisa-dorong-produksi-pangan-biar-tak-impor-dan-harga-stabil
Ketua DPR Puan Maharani berharap Menteri Pertanian yang baru, Amran Sulaiman, bisa menjaga ketahanan pangan dan meningkatkan produktivitas pertanian. (Sumber: Dpr.go.id)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua DPR Puan Maharani berharap Menteri Pertanian yang baru, Amran Sulaiman, bisa menjaga ketahanan pangan dan meningkatkan produktivitas pertanian. 

Puan mengatakan, saat ini krisis pangan jadi ancaman buat semua negara di dunia. Peningkatan produksi pangan juga penting untuk jaga stabilitas harga pangan di pasaran.

"Dalam kesempatan ini saya sekaligus mengucapkan selamat bertugas kembali kepada Bapak Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian. Ada banyak pekerjaan rumah yang menanti Pak Amran dalam tugasnya," kata Puan dalam keterangan tertulisnya, Rabu (25/10/2023).

"Saat ini kita ketahui harga kedelai tengah naik, yang berimbas harga tahu tempe pun ikut naik. Jadi prioritas utama adalah menjaga ketahanan pangan dalam negeri yang dapat dilakukan dengan meningkatkan setiap produksi komoditi pertanian," ujarnya. 

Baca Juga: Alasan Jokowi Tunjuk Amran Sulaiman Jadi Menteri Pertanian Lagi

Puan menyampaikan, imbas melemahnya rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS), harga sejumlah komoditas pangan ikut naik. Sehingga, program-program kedaulatan pangan harus semakin digalakkan demi terciptanya kemandirian pangan.

“Sehingga Indonesia tidak lagi bergantung pada produk-produk impor yang dapat dipengaruhi oleh kondisi perekonomian dunia. Ini menjadi pekerjaan penting Menteri Pertanian agar memaksimalkan program kedaulatan pangan,” ujar Puan. 

Puan juga mendorong agar program-program untuk meningkatkan kesejahteraan bagi petani Indonesia. Puan berharap setiap kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah dapat mendukung kemajuan bagi petani.

“Kesejahteraan petani adalah prioritas. Agar bagaimana setiap program yang diinisiasi Pemerintah dapat meningkatkan pendapatan petani, seperti harga yang adil untuk produk pertanian mereka, akses yang lebih baik ke pasar, dan pembiayaan pertanian yang terjangkau,” tuturnya. 

Baca Juga: Prabowo Ingin Gibran Tetap di PDIP, Begini Respons Puan



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x