Kompas TV ekonomi energi

Menteri ESDM Sebut Pembagian Rice Cooker Gratis akan Dimulai November 2023

Kompas.tv - 21 Oktober 2023, 08:00 WIB
menteri-esdm-sebut-pembagian-rice-cooker-gratis-akan-dimulai-november-2023
Ilustrasi. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan, pembagian alat memasak berbasis listrik (AML) atau rice cooker akan dimulai pada November 2023. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan, pembagian alat memasak berbasis listrik (AML) atau rice cooker akan dimulai pada November 2023. 

Seperti diketahui, payung hukum program itu sudah terbit yakni Peraturan Menteri ESDM Nomor 11 Tahun 2023 tentang Penyediaan Alat Memasak Berbasis Listrik Bagi Rumah Tangga. Rice cooker juga akan dibagikan secara bertahap. 

"Insya Allah (November 2023), ya pokoknya didorong supaya cepat," kata Arifin Tasrif, di Gedung Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (20/10/2023). 

"Kami kan mau elektrifikasi, apa mau bakar elpiji terus? Sudah betul itu, masa mau bakar elpiji terus, impor terus," tambahnya. 

Arifin mengatakan, program pembagian rice cooker tetap berjalan dan sedang dalam masa persiapan pembagian. Begitu juga dengan program konversi motor listrik. 

Baca Juga: Catat! 6 Syarat Dapat Rice Cooker Gratis dari Pemerintah - INFOGRAFIS

"Iya jalan, motor listrik juga kami jalankan. Kita sekarang punya sumber energi baru kan banyak, ya kan? Tidak terpakai, sementara kita impor, tidak pas," ujarnya seperti dikutip dari Antara

Pemerintah memang sedang mengurangi pemakaian LPG 3 kg dan memastikan produk itu digunakan oleh masyarakat yang berhak. 

Saat ini, konsumsi LPG bersubsidi terus meningkat sehingga jumlah subsidi yang digelontorkan pemerintah pun membengkak. Di sisi lain, konsumsi LPG nonsubsidi menurun. 

Pemerintah memperkirakan jumlah subsidi untuk LPG mencapai Rp117 triliun tahun ini.



Sumber : Kompas.tv, Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x