Kompas TV ekonomi perbankan

Nasabah KUR BRI Kini Bisa Daftar dan Bayar BPJS Ketenagakerjaan lewat ATM hingga Agen BRILink

Kompas.tv - 19 Oktober 2023, 10:37 WIB
nasabah-kur-bri-kini-bisa-daftar-dan-bayar-bpjs-ketenagakerjaan-lewat-atm-hingga-agen-brilink
Ilustrasi. Nasabah Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank BRI kini bisa dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Mereka bisa mendaftar BPJS Ketenagakerjaan lewat berbagai kanak yang disediakan BRI. (Sumber: BRI)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Nasabah Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank BRI kini bisa dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Mereka bisa mendaftar BPJS Ketenagakerjaan lewat berbagai kanak yang disediakan BRI. Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, layanan ini sebagai implementasi Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia No. 1 Tahun 2023, yang menyebutkan bahwa para pelaku UMKM, khususnya Penerima KUR, dapat diikutkan pada Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

“Kebijakan ini melengkapi dukungan BRI kepada para pelaku UMKM, khususnya Penerima KUR, serta mendukung peningkatan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dari sektor informal,” kata Sunarso dalam keretangan resminya yang diterima di Jakarta, Kamis (19/10/2023).

Baca Juga: Cara Tambal Gigi Gratis Pakai BPJS Kesehatan, Bisa Diurus Online

Ia mengatakan, dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, pelaku UMKM yang menjadi nasabah KUR BRI, bisa mendapatkan Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja, hingga Jaminan Kematian.

“BRI telah menyediakan layanan pendaftaran dan pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan di seluruh direct channel BRI, seperti ATM, BRI Mobile (BRIMO), Cash Management System dan Internet Banking Business (IBBIZ) bagi perusahaan, Teller di seluruh kantor cabang BRI, dan Agen BRILink,” tuturnya.

Layanan itu dibuka dengan penandatanganan kerja sama tentang Pengelolaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi Penerima KUR dan kerja sama Layanan Jasa Kustodian, antara BRI dengaan BPJS Ketenagakerjaan, Rabu (18/10/2023).

Sebelumnya, kedua pihak juga sudah menjalin kerja sama untuk pelayanan pendaftaran kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di seluruh unit kerja BRI, pelayanan pembayaran atau klaim jaminan sosial tenaga kerja, kerja sama dalam pemberian subsidi rumah melalui Manfaat Layanan Tambahan, serta layanan perbankan lainnya.

Baca Juga: Cara Download dan Cetak Kartu BPJS Ketenagakerjaan lewat Aplikasi JMO, Digunakan untuk Cairkan JHT

“BRI adalah bank yang memiliki portfolio UMKM terbesar di Indonesia. Per akhir Juni 2023, nasabah UMKM BRI tercatat 15.8 juta, termasuk didalamnya 9.4 juta nasabah KUR yang meliputi 9.1 juta KUR Mikro dan 248 ribu KUR Kecil. Diharapkan dengan adanya kerja sama ini akan meningkatkan awareness para debitur KUR akan pentingnya perlindungan dari pemerintah ini,” ujar Sunarso.

Ia juga mengungkapkan kebanggaanya, karena BRI terpilih menjadi satu-satunya Bank Kustodian yang dipercaya untuk melakukan pengelolaan, pengadministrasian serta pencatatan portofolio aset-aset investasi BPJS Ketenagakerjaan.

Baik instrumen surat utang maupun instrumen pasar uang (deposito) atas seluruh program jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM)Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Penisun (JP), dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP). 

Bank Kustodian BRI merupakan direct member dari Euroclear sejak 2013, sehingga dapat menatakerjakan sekaligus melakukan proses settlement surat berharga asing (global securities).

Baca Juga: Oleh-Oleh Jokowi dari China, Ada 31 Kerja Sama Bisnis dan Investasi Senilai Rp214 T

Bank Kustodian BRI juga telah memperoleh sertifikasi Kustodian Syariah dari DSN-MUI di tahun 2018, sehingga dapat melakukan penitipan dan penatakerjaan surat berharga berbasis syariah.

"BRI berkomitmen agar sinergi antara BPJS Ketenagakerjaan dan Bank BRI yang telah terjalin dengan baik selama ini dapat terus berlanjut, sehingga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat serta dapat turut mewujudkan kesejahteraan pekerja melalui perlindungan sosial dari Pemerintah,” ujarnya.



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x