Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

RI Ternyata Impor Barang dari Israel Ratusan Miliar Rupiah per Tahun

Kompas.tv - 17 Oktober 2023, 04:30 WIB
ri-ternyata-impor-barang-dari-israel-ratusan-miliar-rupiah-per-tahun
Ilustrasi impor. Meski tak memiliki hubungan diplomatik, Indonesia ternyata mengimpor sejumlah barang dari Israel dengan nilai ratusan miliar rupiah dalam beberapa tahun terakhir. (Sumber: Pelindo 4 )
Penulis : Dina Karina | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Meski tak memiliki hubungan diplomatik, Indonesia ternyata mengimpor sejumlah barang dari Israel dengan nilai ratusan miliar rupiah dalam beberapa tahun terakhir. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Amalia Adininggar Widyasanti mengatakan, hubungan dagang itu dilakukan bukan oleh pemerintah kedua negara, tapi oleh dunia usaha. 

"Kalau kita tidak memiliki hubungan diplomatik, tidak berarti secara ekonomi kita tidak boleh melakukan hubungan dagang. Tetap bisa dilakukan karena ini adalah business to business sifatnya," kata Amalia dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (16/10/2023). 

Berdasarkan data BPS, dari Januari hingga September 2023, Indonesia mengimpor barang dari Israel senilai total 14,4 juta dollar AS atau sekitar Rp226,08 miliar (asumsi kurs Rp15.700). 

Amalia mengungkap, mayoritas barang yang diimpor terdiri dari mesin peralatan mekanis dan bagiannya dengan kode HS 84. Lalu ada perkakas dan peralatan dari logam tidak mulia dengan kode HS 82. Serta mesin perlengkapan elektrik dan bagiannya dengan kode HS 85. 

Baca Juga: Militer Israel Diduga Gunakan Amunisi Fosfor Putih di Gaza, Amnesty International Punya Bukti

Ia kemudian merinci nilai impor Indonesia dari Israel dalam 3 tahun terakhir. Pada 2020, nilai impornya mencapai 56,5 juta dollar AS atau sekitar Rp887,05 miliar. 

Lalu pada 2021, impor dari Israel anjlok setengahnya, menjadi 26,5 juta dollar AS atau sekitar Rp416,05 miliar. Selanjutnya pada 2022, impor dari Israel kembali naik menjadi 47,8 juta dollar AS atau sekitar Rp750,46 miliar. 

"Dan sepanjang Januari - September 2023, kita mengimpor dari Israel dengan nilai 14,4 juta dollar AS," ujar Amalia. 

Sementara itu, secara keseluruhan, BPS mencatat Indonesia kembali mengalami surplus neraca perdagangan pada September 2023. Yakni sebesar 3,42 miliar dolar AS. 

Baca Juga: Menperin Agus Gumiwang Sebut Kawasan Berikat dan PLB jadi Pintu Masuk Barang Impor Ilegal



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x