Kompas TV ekonomi energi

Pertama di ASEAN, Pertamina Produksi Bioavtur dari Minyak Sawit, Sukses Dipakai Garuda Indonesia

Kompas.tv - 12 Oktober 2023, 13:52 WIB
pertama-di-asean-pertamina-produksi-bioavtur-dari-minyak-sawit-sukses-dipakai-garuda-indonesia
Para tamu undangan berfoto di depan pesawat Boeng 737-800 yang akan melakukan uji coba terbang menggunakan Bioavtur J2.4 menuju Pelabuhan Ratu, Tangerang, Banten, Rabu (04/10/2023). (Sumber: Pertamina)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pertamina lewat anak usahanya PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) memproduksi bioavtur Sustainable Aviation Fuel (SAF) dari campuran inti minyak kelapa sawit. Produksi dilakukan di Kilang Cilacap, Jawa Tengah.

Direktur Utama KPI Taufik Aditiyawarman menjelaskan, Bioavtur-SAF telah berhasil melalui uji coba pada pesawat komersil Garuda Indonesia, dalam penerbangan dari Soekarno Hatta International Airport (CGK), Tangerang, Banten ke kawasan Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat pada Rabu (4/10/2023).

“Hal ini menunjukkan tekad KPI untuk menjadi first mover dalam penyediaan Bioavtur-SAF di kawasan regional. Sebagaimana diketahui, untuk kawasan Regional Asia Tenggara saat ini hanya KPI yang berhasil melakukan commercial production Bioavtur hingga uji terbang,” kata Taufik dalam keterangan tertulisnya, dikutip dari laman resmi Pertamina, Kamis (12/10/2023).

Sebelumnya, produk Bioavtur J 2.4 ini juga sudah pernah di uji coba produksi di Kilang TDHT/Green Refinery RU IV pada periode 2020-2021 untuk keperluan uji terbang pesawat CN 235 yang teregister Militer.

Baca Juga: Cetak Sejarah, Garuda Indonesia Rampungkan Uji Coba Bioavtur Minyak Sawit untuk Pesawat Komersial

“KPI telah meneguhkan komitmennya untuk menjadi leading dan pioneer dalam pengembangan drop in renewable fuel khususnya Bioavtur-SAF yang menjadi jawaban untuk dekarbonisasi industri penerbangan sipil yang dikategorikan hard to abate sector,” ujarnya.

Ia menyebut, keberhasilan uji coba Bioavtur-SAF ini berkat kerja sama Pertamina Group melalui Research & Technology Innovation (RTI), Kilang Pertamina Internasional (KPI), dan Pertamina Patra Niaga (PPN) bersama dengan Direktorat Jenderal EBTKE Kementerian ESDM, Kementerian Perhubungan, ITB, APROBI (Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia), BPDPKS (Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit), LEMIGAS, BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional), Garuda Indonesia dan Garuda Facility Maintenance.

Taufik mengakui, harga Bioavtur-SAF ini memang relatif lebih tinggi daripada avtur fosil. Namun, Bioavtur-SAF juga memiliki kelebihan yaitu Green House Gas emisi lingkup 3 yang lebih rendah daripada fossil fuel. Agar bahan bakar ramah lingkungan ini jadi lebih terjangkau untuk maskapai komersil, Taufik mengatakan diperlukan kebijakan dari pemerintah dan kerja sama lintas sektor.

Ia menerangkan, proses produksi Bioavtur-SAF ini dilakukan melalui Co-Processing Ester dan Fatty Acid (HEFA), yang telah memenuhi standar internasional untuk spesifikasi Avtur ASTM D 1655, Defstan 91-91 latest issued, serta SK Dirjen Migas No.59 K Tahun 2022.

Baca Juga: Bahlil Soal Investasi Migas di RI: Pertamina Jangan Nafsu Kuda Tenaga Ayam

Selain itu Bioavtur-SAF produksi Kilang Pertamina ini juga telah memenuhi kriteria framework secara global di antaranya CORSIA (Carbon Offsetting and Reduction Scheme for International Aviation) oleh International Civil Aviation Organization, RefuelEU/Fit55 oleh Uni Eropa, EU/UK Emission Trading, Tax Credit IRA USA.

Kilang Cilacap disebut salah satu kilang paling canggih milik Pertamina. Kilang itu telah memiliki Green Refinery sejak Februari 2022 yang dapat memproduksi produk rendah emisi gas rumah kaca. Green Refinery RU IV Cilacap telah mendapatkan pengakuan sertifikat International Sustainability Carbon Certification (ISCC) yang membuktikan terpenuhinya seluruh persyaratan internasional terkait sustainability produknya. 

Produk utama Green Refinery RU IV Cilacap adalah Green Diesel yang diproduksi dari bahan baku 100% renewable dengan kandungan sulfur lebih baik dari Euro V dengan kapasitas produksi 2500 BPD.

Selain Green Diesel, Green Refinery RU IV Cilacap juga telah berhasil memproduksi Bioavtur-SAF dengan kandungan renewable 2.4% dan kapasitas 9 BPD melalui metode co-processing. Produk Bioavtur-SAF ini bila digunakan oleh airline berpotensi menurunkan emisi karbon industri penerbangan sebesar 22 ribu Ton CO2e per tahun.



Sumber :


BERITA LAINNYA


Opini

Arch of Augustus di Rimini

28 April 2024, 07:05 WIB

Close Ads x