Kompas TV ekonomi energi

Masa Depan Hilirisasi Industri Tambang dalam Perekonomian Indonesia di Indonesia Mining Summit

Kompas.tv - 11 Oktober 2023, 14:00 WIB
masa-depan-hilirisasi-industri-tambang-dalam-perekonomian-indonesia-di-indonesia-mining-summit
Indonesia Mining Summit (IMS) 2023 yang diselenggarakan Indonesian Mining Association (IMA) berkolaborasi dengan Harian Kompas di Mulia Resort Nusa Dua Bali, Selasa (10/10/2023). (Sumber: Istimewa)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Di tengah ketidakpastian ekonomi global, pemerintah Indonesia menjadikan hilirisasi industri tambang sebagai strategi untuk memperkuat daya saing. 

Ini melibatkan langkah-langkah untuk menghentikan ekspor bahan mentah dan fokus pada produksi manufaktur dengan nilai teknologi tinggi. Langkah ini juga diharapkan memperkuat ekonomi nasional dan memberikan manfaat kepada masyarakat.

Semangat hilirisasi ini menjadi tema utama dalam Indonesia Mining Summit (IMS) 2023 yang diselenggarakan oleh Indonesian Mining Association (IMA) dengan dukungan dari Harian Kompas

aca Juga: PR Indonesia Terkait Hilirisasi Mineral Dalam Negeri Melalui Industrialisasi

Acara ini dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan, termasuk Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif.

IMS 2023 mengambil tema "Sustainable Downstream," yang menyoroti pentingnya menjaga kesinambungan dalam hilirisasi industri tambang. 

Acara ini menjadi wadah bagi pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya untuk mengeksplorasi cara mempercepat hilirisasi industri tambang guna mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia serta menciptakan efek positif bagi masyarakat.

Ketua Umum Indonesian Mining Association, Rachmat Makkasau, menyampaikan dukungannya terhadap kebijakan hilirisasi pemerintah dalam industri tambang sebagai langkah strategis untuk reindustrialisasi di Indonesia. 

“Kami mengharapkan adanya kebijakan hilirisasi yang berkelanjutan dan berkesinambungan dalam rangka memenuhi kebutuhan industri dalam negeri sehingga peluang Indonesia untuk berpartisipasi dalam rantai pasok global terbuka lebar,” ujarnya di Bali, Selasa (10/10/2023).

Baca Juga: Cadangan dan Potensi Nikel Melimpah, MIND ID Jadi Penopang Hilirisasi dan Transisi Energi Pemerintah

Dalam acara IMS, berbagai pemangku kepentingan bersatu untuk merumuskan langkah-langkah konkrit yang dapat membantu pemerintah mempercepat hilirisasi industri tambang, menciptakan pertumbuhan ekonomi, dan memberikan manfaat bagi masyarakat.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x