Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

TikTok Shop Ditutup, Netizen Geruduk Instagram Mendag Zulhas

Kompas.tv - 4 Oktober 2023, 11:50 WIB
tiktok-shop-ditutup-netizen-geruduk-instagram-mendag-zulhas
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (29/5/2023). Imbas ditutupnya TikTok Shop membuat netizen menggeruduk akun Insatgram Zulhas. (Sumber: Kompas.tv/Ant/Desca Lidya Natalia)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Platform social commerce TikTok Shop resmi ditutup per hari ini, Rabu (4/10/92023) mulai pukul 17.00 WIB. Akun Instagram Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) pun tak luput terimbas dengan digeruduk netizen.

Dalam postingan terbaru Zulhas yang berisi video kegiatannya mengunjungi Pusat Grosir Cililitan, kolom komentar dipenuhi dengan kritik dan curhatan dari netizen yang mengaku sebagai penjual (seller) di TikTok Shop.

Tak sedikit netizen menyesalkan keputusan pemerintah atas ditutupnya TikTok Shop yang disebut menjadi salah satu tempat penjual menjajakan dagangannya.

Baca Juga: Curhat Seller Soal Penutupan TikTok Shop: Merintis dari Nol, Sudah Banyak Penjualan, Malah Ditutup

7 juta seller+ 7 juta affiliate. mata pencahariannya ditutup sama BAPAK INI.semoga baik baik ya Pak. Semua doa malam ini tertuju ke bapak. Semoga tenang pak, sudah puas kan,” tulis akun @id_gal***. 

Yg dipikirin hanya sekelompok kecil aja. Ada jutaan afliator yg harus bayar sewa rumah, biaya kuliah, makan, keluarganya dll yg kami tanggung pak. Bulan depan pas sewa rumah jatuh tempo kami bayar dr mana,” tulis akun @afria***. 

Selamat pak anda berhasil membuat banyak orang jadi pengangguran… mengatasi masalah tanpa solusi.. yg kerja mati2an dr pagi - malem jualan malah di tutup, yg korupsi enak2an ngabisin duit negara eh di biarin,” tulis akun @smns***. 

Akun Instagram Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) pun digeruduk netizen buntut TikTok Shop ditutup. (Sumber: Instagram/@zul.hasan)

Salah satu seller di TikTok Shop yang menjual mainan edukasi anak, Yulina Setianingsih, menyayangkan keputusan pemerintah untuk menutup TikTok Shop.

Pemilik toko Malva Toys ini mengatakan bahwa dia sudah merintis toko online-nya di TikTok Shop dari nol. Perlahan dia mulai membangun dengan rutin membuat konten. Sudah setahun dia berjualan di platform tersebut.

“Jadi aku di Tiktok tuh beneran merintis dari nol, dari yang followers nol. Lama-lama banyak karena sering buat konten. Enggak pernah pasang iklan, bener bener organik,” sesal Yulina, Rabu.

“Lama-lama ada yang beli satu-dua, terus ada peningkatan tiap bulannya. Eh giliran sudah banyak penjualannya, ditutup,” sambungnya.

Baca Juga: TikTok Shop Berhenti Beroperasi, Belum Ajukan Izin Jadi E-Commerce hingga Saat Ini

Sebelumnya diberitakan Kompas.tv, TikTok Shop ditutup usai diresmikannya Permendag Nomor 31 Tahun 2023 tentang Ketentuan Perizinan Usaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

Dalam beleid tersebut, social commerce tidak dapat melakukan transaksi jual beli langsung di platform mereka. Social commerce hanya dapat melakukan promosi barang dan jasa yang ditawarkan.


 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.