Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Mengapa Skor Kredit Jadi Pertimbangan dalam Proses Rekrutmen Kerja?

Kompas.tv - 23 Agustus 2023, 07:52 WIB
mengapa-skor-kredit-jadi-pertimbangan-dalam-proses-rekrutmen-kerja
Ilustrasi kredit. Mengapa skor kredit jadi pertimbangan dalam proses rekrutmen? (Sumber: Antara)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pembahasan mengenai skor kredit saat ini tengah hangat. Pasalnya, salah satu postingan di X (dulu Twitter) menyebutkan bahwa beberapa pelamar kerja gagal karena skor kredit yang buruk.

Gilaaa, 5 orang freshgrad daftar di kantor tmptku kerja, kelimanya gak ada yang lolos karena BI Checking Kol 5,” tulis akun @kawtuz, Senin (21/8/2023).

Baca Juga: Dulu BI Checking Sekarang SLIK OJK, Begini Cara Cek Offline maupun Online via idebku.ojk.go.id

Unggahan tersebut pun mendapatkan banyak respons. Pada kolom komentar, tak sedikit yang mengaku memiliki kredit dan tanggungan di pinjaman online (pinjol).

Lantas, mengapa skor kredit menjadi pertimbangan penting dalam proses rekrutmen kerja?

Direktur Utama Pefindo Biro Kredit (IdScore) Yohanes Arts Abimanyu mengatakan bahwa perusahaan yang menggunakan skor kredit sebagai salah satu pertimbangan menunjukkan perusahaan tersebut berhati-hati.

Yohanes bilang, mungkin tidak semua perusahaan harus melakukan pengecekan riwayat kredit, hanya posisi-posisi tertentu dalam perusahaan yang menduduki jabatan strategis.

“Khususnya mungkin pada posisi-posisi penting,” kata Yohanes, Selasa (22/8/2023).

Baca Juga: Deretan Pinjaman atau Kredit yang Masuk BI Checking, Beserta Cara Cek SLIK OJK Pakai KTP

Melalui skor kredit, perusahaan berusaha mengetahui bagaimana karakter calon karyawan dalam hal meminjam dan membayar utang. Menurutnya, hal ini menunjukkan integritas seseorang. Skor kredit juga menunjukkan agresivitas seseorang dalam meminjam uang

Pengecekan skor kredit ini menjadi langkah mitigasi terjadinya kecurangan atau kesalahan yang mungkin terjadi di masa depan.

Yohanes mengimbau pelamar untuk memperhatikan pinjaman dan pola peminjaman yang dilakukan karena berdampak pada masa depan karier.

“Sebelum melamar kerja, bisa melakukan pengecekan kredit dan skor kreditnya (sendiri),” ucap Yohanes, seperti dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Cara Cek Skor BI Checking Online di Laman idebku.ojk.go.id lewat HP atau Komputer

Bagi yang memiliki pinjaman, usahakan untuk menghindari keterlambatan pembayaran, gagal bayar, atau menggunakan fasilitas kredit dalam jumlah yang banyak.

Hindari perilaku konsumtif agar tidak terjerat utang yang akan membuat skor kredit menjadi buruk.


 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x