Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Luhut Kembali Temui Elon Musk, Ungkap Alasan Tesla Tunda Investasi di Semua Negara

Kompas.tv - 14 Agustus 2023, 22:55 WIB
luhut-kembali-temui-elon-musk-ungkap-alasan-tesla-tunda-investasi-di-semua-negara
Menko Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan kembali menemui bos Tesla dan Twitter, Elon Musk di Amerika Serikat. Momen pertemuan ini diunggah Luhut di akun Instagram pribadinya, @luhut.pandjaitan, Senin (14/8/2023). (Sumber: Instagram @luhut.pandjaitan)
Penulis : Dina Karina | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan kembali menemui bos Tesla dan Twitter, Elon Musk di Amerika Serikat. Momen pertemuan ini diunggah Luhut di akun Instagram pribadinya, @luhut.pandjaitan, Senin (14/8/2023). 

Luhut mengatakan, saat ini Tesla sedang menunda investasinya di negara mana pun, termasuk Indonesia. 

"Satu tahun berselang setelah pertemuan di Giga Factory Tesla di Austin, Texas, saya kembali bertemu dengan Elon Musk di San Fransisco, Amerika Serikat. Pertemuan ini menjadi agenda utama kunjungan saya ke Negeri Paman Sam," tulis Luhut. 

Baca Juga: Mark Zuckerberg Tak Sabar Adu Gulat dengan Elon Musk, Usul Tanding 26 Agustus

"Kurang lebih dua setengah jam lamanya kami berdiskusi terkait perkembangan ekonomi Indonesia, serta kondisi terkini Tesla, Inc. yang ternyata saat ini sedang menunda investasi di negara mana pun," tambahnya. 

Luhut menyampaikan, ada dua hal yang menyebabkan Tesla menunda investasinya. Yakni, kelebihan produksi dan kondisi ekonomi global yang kurang baik saat ini. 

"Kalaupun ada kita dengar di mana negara lain di Asia ini yang bekerja sama dengan Tesla, itu tidak lain hanyalah sebagai agen penjualan mobil saja. Kita pun kalau mau buat agen penjualan mobil, bisa saja, tetapi bukan itu tujuan utamanya," ujar Luhut. 

Baca Juga: Tekan Polusi di Jakarta, Pemerintah Buka Opsi "4 in 1" untuk Mobil yang Lewat Jalanan Ibu Kota

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu beredar kabar jika Tesla akhirnya berinvestasi di Malaysia. 


Dalam pertemuan itu, Luhut dan Elon Musk juga berdiskusi terkait ketertarikan Elon untuk bekerja sama membangun jaringan internet murah di timur Indonesia lewat satelit Starlink miliknya. 

Kata Luhut, jika Starlink beroperasi di Indonesia, akan mendatangkan manfaat yang besar. Misalnya, tenaga kesehatan di wilayah terpencil bisa melaporkan data-data secara real time.

Selain itu, layanan pendidikan juga akan bisa diakses oleh para pelajar di Indonesia bagian timur. Sehingga, akses pendidikan yang setara dan merata di Indonesia bisa terwujud. 

Baca Juga: Iriana Jokowi hingga Wishnutama Kusubandio Dapat Bintang Kehormatan dari Presiden Joko Widodo

"Untuk itu, saya mengundang Elon agar bisa datang ke Indonesia dan dia menyanggupinya," ucapnya. 

Luhut juga berkunjung ke NVIDIA Corp, yang mengembangkan ChatGPT.

"Saya melihat demonstrasi modelling Al yang luar biasa sehingga membuat saya berpikir teknologi masa depan ini akan maju begitu hebat. Untuk itu, saya juga mengundang CEO NVIDIA Corp. untuk datang ke Indonesia agar kita bisa mempelajari dan mengembangkan teknologi Al di Indonesia yang sejalan dengan agenda transformasi digital di Tanah Air," tuturnya. 

 

 



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x