Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Tantang Airbus dan Boeing, Pabrikan Pesawat Asal China Buka Kantor Pertama di Indonesia

Kompas.tv - 1 Agustus 2023, 12:47 WIB
tantang-airbus-dan-boeing-pabrikan-pesawat-asal-china-buka-kantor-pertama-di-indonesia
Pesawat penumpang bermesin jet buatan China, Comac C919, dirancang untuk menjadi rival Boeing B737 MAX dan Airbus A320neo. (Sumber: Dok. Comac)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pabrikan pesawat asal China, Commercial Aircraft Corporation of China atau Comac, resmi membuka kantor perwakilan di Jakarta, pada Senin (31/7/2023). Hal ini menandai keseriusan perusahaan itu untuk berekspansi di Indonesia. 

Pasalnya, RI menjadi negara pertama tempat Comac membuka kantor perwakilannya, selain di China. Langkah Comac ini juga sebagai upaya menantang dominasi Airbus dan Boeing, sebagai produsen yang pesawatnya paling banyak dipakai di Indonesia. 

Untuk saat ini, baru ada satu maskapai yakni TransNusa yang menggunakan pesawat buatan Comac. Pesawat tipe ARJ21 itu sudah melayani rute Jakarta - Bali per April 2023 lalu. 

Direktur Utama Comac He Dongfeng mengatakan, pemilihan Indonesia merupakan bagian dari rencana panjang. Bukan hanya menyasar pasar Indonesia, Comac juga menyasar pasar Asia Tenggara. 

Baca Juga: Jokowi ke China Temui Xi Jin Ping, Bahas Perdagangan hingga Mobil Listrik

Dengan adanya kantor perwakilan di Asia Tenggara di Jakarta, He Dongfeng menyebut Comac bisa meningkatkan pelayanan, servis, hingga dukungan material demi kepuasan pelanggan. 

Pada saat bersamaan, kerja sama dengan Pemerintah Indonesia akan dibuka lebih luas dan terjalin erat.

”Lebih jauh, kami akan mendorong kemajuan maintenance, repair, overhaul atau MRO (perawatan pesawat) di Asia, pusat pelatihan, hingga kerja sama yang lebih mendetail dalam hubungan penerbangan,” katanya seperti dikutip dari Kompas.id. 

Pembukaan kantor Comac ini dilakukan setelah kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan delegasi bisnis RI ke China pekan lalu. 

Tahun 2023 ini juga merupakan peringatan 10 tahun pembangunan jalur sutra dan seluruh sisi antara RI-China. 



Sumber : Kompas.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x