Kompas TV ekonomi energi

Rosan Roeslani Jadi Wakil Komisaris Utama Pertamina, Ini Susunan Direksi dan Komisaris Baru

Kompas.tv - 28 Juli 2023, 10:18 WIB
rosan-roeslani-jadi-wakil-komisaris-utama-pertamina-ini-susunan-direksi-dan-komisaris-baru
Wakil Menteri BUMN Rosan Roeslani diangkat menjadi Wakil Komisaris Utama Pertamina, per 25 Juli 2023. Hal itu dilakukan lewat Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Pertamina. (Sumber: Instagram @rosanroeslani)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Menteri BUMN Rosan Roeslani diangkat menjadi Wakil Komisaris Utama Pertamina, per 25 Juli 2023. Hal iti dilakukan lewat Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Pertamina.

Pengangkatan Rosan ditetapkan dalam Salinan Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Selaku Rapat Umum Pemegang Saham Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pertamina Nomor SK-211/MBU/07/2023 tanggal 25 Juli 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Dewan Komisaris Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pertamina.

Keputusan tersebut juga mengukuhkan pemberhentian dengan hormat Pahala Nugraha Mansury dari jabatan Wakil Komisaris Utama Pertamina yang menjabat sejak 3 Februari 2021. Pahala kini menjabat sebagai Wakil Menteri Luar Negeri RI.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan, perubahan susunan Dewan Komisaris dilakukan melalui RUPS sebagai salah satu kewenangan pemegang saham.

“Dengan susunan Dewan Komisaris yang baru ini, Pertamina siap memenuhi aspirasi pemegang saham. Kami mengucapkan selamat dan sukses kepada Wakil Komisaris Utama Bapak Rosan Roeslani, dan berterima kasih kepada Bapak Pahala Mansury atas segala pengabdiannya kepada Pertamina,” kata Fadjar dalam keterangan resminya, Kamis (27/7/2023). 

Baca Juga: Rosan Roeslani Jadi Wamen BUMN, Pengamat: Masih Satu Lingkaran dengan Erick Thohir, Jaga Unsur Luar

Penetapan ini membuat Rosan mendapat 2 jabatan baru dalam bulan ini. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo melantik Rosan yang tadinya menjabat Duta Besar RI untuk Amerika Serikat menjadi Wakil Menteri BUMN, di Istana Negara, Senin (17/7/2023). 

Rosan memiliki latar belakang sebagai pengusaha dan merupakan sahabat lama serta rekan bisnis Sandiaga Uno.

Nama Rosan pernah masuk jajaran orang terkaya di Indonesia versi Forbes dan juga versi Globe Asia. Dia juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Kadin untuk tahun 2015-2020.

Kadin merupakan organisasi yang memberikan wadah kepada seluruh pengusaha dan asosiasi dunia usaha di Indonesia.

Sebagai pendiri Recapital Advisor, perusahaan dalam bidang jasa keuangan, pria kelahiran 31 Desember 1968 itu baru merintis karir usai menamatkan kuliah S2 di Eropa dengan gelar MBA.

Dalam laman kadin.id, Rosan disebut mampu membaca peluang di tahun krisis 97-98 dengan menganalisa dan mengembangkan investasi dan diversifikasi portofolio dalam menginisiasi proses merger dan akuisisi.

Baca Juga: Ditelepon Erick Thohir, Bos Pertamina Ungkap Penyebab Stok LPG 3 Kg Langka

Nama Rosan Roeslani sempat masuk dalam jajaran relawan Presiden Joko Widodo dalam pemilihan presiden 2019 silam yakni sebagai Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Koalisi Indonesia Kerja pasangan calon presiden Joko Widodo dan calon wakil presiden Ma'ruf Amin. Dalam tim itu, ia terlibat bersama Johnny G. Plate, Abdul Kadir Karding, hingga Arsul Sani.

Rosan diketahui pernah menduduki jabatan dalam berbagai perusahaan. Mulai dari presiden untuk Recapital Advisor hingga komisaris di berbagai bidang. Ini daftarnya:

• Presiden Direktur Recapital Advisor 

• Penasehat Indonesian Coal Mining Association

• Komisaris Visi Media Asia Tbk 

• Dewan Penasehat Lupita Amanda

• Komisaris PT Abdi Bangsa Tbk 

• Komisaris Lativi Mediakarya (TV One) 

• Komisaris Mitra Global Telekomunikasi Indonesia 

• Komisaris Kemang Jaya Raya 

• Komisaris Saratoga Investama Sedaya 

• Presiden Direktur Berau Coal (2010 - 2013)



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x