Kompas TV ekonomi loker

Rekrutmen CPNS Sebentar Lagi, Simak Data 10 Jurusan yang Banyak Dicari

Kompas.tv - 28 Juli 2023, 07:21 WIB
rekrutmen-cpns-sebentar-lagi-simak-data-10-jurusan-yang-banyak-dicari
Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk Kualifikasi SLTA dan Non SLTA (Sumber: Humas Kanwilkumham sulsel)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2023 akan segera dibuka. Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Azwar Anas mengatakan rekrutmen CPNS akan dilakukan pada awal September mendatang.

Menurut Azwar, terdapat kuota sebanyak 1.030.751 untuk Calon Aparatur Sipil Negara (CASN), yang mencakup CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Maka dari itu, ini adalah kesempatan yang tepat untuk mengetahui jurusan apa saja yang biasanya banyak dicari saat rekrutmen CPNS.

Berdasarkan data dari rekrutmen CPNS 2021, iilah 10 jurusan yang diprediksi akan banyak dicari saat rekrutmen CPNS 2023.

Baca Juga: Badan Pengawas Tenaga Nuklir Buka Lowongan Posisi Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama, Cek Syaratnya!

Jurusan yang Banyak Dicari untuk CPNS

1. Jurusan Politik dan Pemerintahan

Jurusan Politik dan Pemerintahan memiliki prospek cerah untuk menjadi PNS. Contohnya pada rekrutmen CPNS 2021 oleh Pemda DIY, jurusan ini dibutuhkan untuk posisi Ahli Pertama dan Terampil.

2. Jurusan Pendidikan

Terdapat banyak peluang untuk lulusan jurusan pendidikan, baik pada seleksi CPNS maupun PPPK. Beberapa jurusan yang sangat dicari antara lain PG PAUD, Sejarah, dan Olahraga.

3. Jurusan Kesehatan

Jurusan Kesehatan adalah salah satu bidang yang sangat dicari saat rekrutmen CPNS 2021.

Baca Juga: BTN Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan S1, Berikut Kualifikasi dan Cara Daftarnya

4. Jurusan Hukum

Jurusan Hukum juga memiliki banyak formasi, seperti pada Kejaksaan Agung atau Analisis Rancangan Naskah Perjanjian. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) adalah salah satu kementerian yang menyediakan banyak formasi untuk jurusan ini.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x