Kompas TV ekonomi energi

Anggota Komisi VII DPR Sebut Ahok akan Jadi Dirut Pertamina, Begini Respon Nicke Widyawati

Kompas.tv - 26 Juli 2023, 06:52 WIB
anggota-komisi-vii-dpr-sebut-ahok-akan-jadi-dirut-pertamina-begini-respon-nicke-widyawati
Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok disebut Anggota Komisi VII DPR Edddy Soeparno akan menjadi Dirut Pertamina, menggantikan Nicke Widyawati. (Sumber: Kompas.com/Fristin Intan Sulistyowati)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Isu pergantian Direktur Utama Pertamina dari Nicke Widyawati menjadi Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok makin santer terdengar.

Wakil Ketua Komisi VII DPR dari Fraksi PAN Eddy Soeparno mengungkap, dirinya mendapat informasi bahwa Ahok akan jadi Dirut Pertamina.

"Kami sudah mendengar bahwa Pak Ahok akan menggantikan Ibu Nicke," kata Eddy, Selasa (25/7/2023).

Saat ini, posisi Dirut memang masih dijabat oleh Nicke dan Ahok mengisi jabatan Komisaris Utama Pertamina. Eddy bilang, saat Ahok jadi Dirut Pertamina, kursi Komut Pertamina akan diisi oleh Wakil Menteri (Wamen) BUMN.

Tapi Eddy belum bisa memastikan apakah Rosan Roeslani atau Kartika Wiroatmodjo yang akan mengisinya.

Ia juga mengaku mendapatkan informasi bahwa Komut BNI Agus Martowardojo bakal menjadi Komut PLN menggantikan Amien Sunaryadi. Namun semua kabar itu ia dapatkan secara informal.

Baca Juga: Rumor Ahok akan Jadi Dirut Pertamina, Erick Thohir: Namanya Menjadi Salah Satu yang Dipertimbangkan

 "Itu informasi yang kami terima terkait dengan kemitraan kami, Pertamina dan PLN. Tetapi tentu informasi yang saya terima ini perlu diklarifikasi keabsahannya ke Kementerian BUMN yang memang berhak untuk memberikan konfirmasi," tuturnya, dikutip dari Kompas.com.


Ditemui terpisah, Nicke Widyawati merespon soal kabar tersebut saat ditanya wartawan. Ia menyampaikan, pergantian direksi Pertamina adalah kewenangan pemegang saham.

Dalam hal ini, Menteri BUMN Erick Thohir sebagai perwakilan pemerintah.

"Itu kewenangan pemegang saham. Jadi dalam hal ini, saya tidak dalam kapasitas untuk bicara," ucap Nicke saat ditemui usai acara IPA Convex 2023 di ICE BSD, Tangerang, Selasa (25/7).

Baik Ahok maupun Nicke memang sempat terlihat menemui Erick di kantor Kementerian BUMN. Ahok datang pada Selasa (18/7), sedangkan Nicke pada Kamis (20/7).

Minta Nicke dicopot



Sumber : Kompas.com, Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x