Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Seblak Bisa Diusulkan Jadi Kuliner Warisan Budaya, Berasal dari Daerah Mana?

Kompas.tv - 24 Juli 2023, 11:01 WIB
seblak-bisa-diusulkan-jadi-kuliner-warisan-budaya-berasal-dari-daerah-mana
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyatakan, kuliner seblak yang selama ini dikenal banyak tumbuh di Kabupaten Garut dan Bandung, Jawa Barat, bisa diusulkan untuk ditetapkan sebagai warisan budaya tidak benda. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

GARUT, KOMPAS.TV - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyatakan, kuliner seblak yang selama ini dikenal banyak tumbuh di Kabupaten Garut dan Bandung, Jawa Barat, bisa diusulkan untuk ditetapkan sebagai warisan budaya tidak benda.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Direktorat Pelindungan Kebudayaan pada Kemendikbudristek, Rusmiati mengatakan, seblak sudah ada sejak lama dan tetap bertahan sampai saat ini.

Hal itu ia sampaikan usai kegiatan Sosialisasi Pelindungan Warisan Budaya di Hotel Harmoni, Kabupaten Garut, Jawa Barat, akhir pekan lalu. 

"Kalau di Garut itu, banyak sebenarnya warisan budaya kita, misalkan ini yang lagi ramai kuliner seblak, itu dari Bandung apa Garut, harus ada kajian, dan bisa diusulkan sebagai warisan budaya," kata Rusmiati seperti dikutip dari Antara, Senin (24/7/2023). 

Baca Juga: Cerita Rafael Tan Dijuluki Duta Seblak hingga Banjir Pesanan, Niat Iseng yang Berujung Untung

Ia menyampaikan, kuliner seblak sudah ada sejak lama menjadi konsumsi masyarakat. Masyarakat memasak seblak dengan kerupuk basah dan bumbu rempah-rempah khas, yang sampai saat ini masih terjaga dengan baik dan terus berkembang di masyarakat.

Sedangkan terkait asal mula daerahnya, memang masih harus dikaji lebih dulu. Jika ada di beberapa daerah misalkan dari Garut dan Bandung, maka bisa diusulkan menjadi kuliner daerah tingkat provinsi sebagai warisan budaya tak benda dari Provinsi Jawa Barat.

"Kalau misalkan inisiatornya Garut dengan Bandung, maka bisa ditarik menjadi Provinsi Jawa Barat, maka silakan usulkan bagaimana sejarah seblak itu," ujarnya. 

Baca Juga: Asal Usul Cewek Seblak, Istilah yang Muncul Setelah Cewek Kue, Cewek Mamba dan Cewek Bumi



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x