Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Uji Coba LRT Jabodebek Masyarakat Umum Diundur 29 Juli, Frekuensi Perjalanan Ditambah

Kompas.tv - 19 Juli 2023, 11:30 WIB
uji-coba-lrt-jabodebek-masyarakat-umum-diundur-29-juli-frekuensi-perjalanan-ditambah
Petugas berbincang di Stasiun LRT Harjamukti, Depok, Jawa Barat, Rabu (12/7/2023). Jadwal uji coba LRT Jabodebek untuk masyarakat umum diundur menjadi 29 Juli, dari jadwal sebelumnya 27 Juli. (Sumber: KOMPAS/ADRYAN YOGA PARAMADWYA )
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV-Jadwal uji coba LRT Jabodebek untuk masyarakat umum diundur menjadi 29 Juli 2023, dari jadwal sebelumnya 27 Juli. Hal itu lantaran saat ini uji coba sedang dihentikan sementara, untuk penyempurnaan sistem operasional. 

Manager Public Relations KAI Divisi LRT Jabodebek Kuswardojo mengatakan, akan ada penambahan perjalanan LRT Jabodebek setiap harinya untuk menampung semua peserta uji coba. 

"Tidak (berkurang kuotanya). Semua yang sudah mendaftar dengan data yang lengkap, akan mendapatkan konfirmasi sesuai jadwal uji coba operasional terbatas," kata Kuswardojo, Selasa (18/7/2023). 

Ia menyampaikan, pihaknya sedang menghitung berapa frekuensi perjalanan yang dibutuhkan per hari untuk mengangkut 24.000 pendaftar uji coba. 

Baca Juga: Ada Penyempurnaan Sistem, Uji Coba LRT Jabodebek Dihentikan Sementara pada 17-20 Juli 2023

Adapun untuk setiap perjalanan, LRT Jabodebek mampu mengangkut 150 orang. Sedangkan periode uji coba masyarakat umum adakah 29 Juli hingga 15 Agustus. 

"Ya, pasti akan ada frekuensi tambahan perjalanan kereta LRT-nya. Saat ini kami sedang menghitung berapa tambahan yang diperlukan," ujarnya.  

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga telah menetapkan tarif resmi LRT Jabodebek. Yakni sebesar Rp5.000 untuk kilometer pertama dan Rp700 untuk kilometer selanjutnya.

Jarak terjauh untuk LRT Jabodebek adalah dari Stasiun Harjamukti di Depok ke Dukuh Atas di Jakarta Selatan. Kemudian dari Dukuh Atas ke Stasiun Jatimulya Bekasi. 

Baca Juga: Uji Coba LRT Jabodebek: Skenario Rem Mendadak hingga Baterai Sumber Tenaga jika Mati Listrik

Dengan ketetapan tarif di atas, maka dari Stasiun Harjamukti ke Dukuh Atas yang jaraknya 24,3 km, tarifnya sekitar Rp21.000-Rp22.000. 

Lalu, jarak dari Stasiun Jatimulya ke Dukuh Atas adalah 27,3 km, sehingga tarifnya adalah Rp23.000-Rp24.000.

Tarif resmi LRT Jabodebek itu diatur lewat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 67 Tahun 2023 tentang tarif angkutan orang dengan kereta api ringan terintegrasi di wilayah Jabodebek untuk melaksanakan kewajiban pelayanan publik.

Masyarakat bisa mengakses stasiun yang dilewati LRT Jabodebek dengan transportasi umum seperti Commuterline, MRT Jakarta, TransJakarta, Mikrotrans, Kereta Cepat Jakarta Bandung, Trans Patriot, dan angkutan kota.

Hal itu untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi oleh masyarakat. 

Baca Juga: Imbas KA Brantas Tabrak Truk Trailer Ada Kereta Telat 2,5 Jam, KAI Beri Kompensasi ke Penumpang



Sumber : Kompas.com, Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x