Kompas TV ekonomi energi

Bantah Sewa Gedung Kantor Pusat di Gambir Rp328 M, Pertamina: Itu Aset Perusahaan

Kompas.tv - 18 Juli 2023, 11:26 WIB
bantah-sewa-gedung-kantor-pusat-di-gambir-rp328-m-pertamina-itu-aset-perusahaan
Pertamian tegaskan kantor pusatnya di Gambir adalah aset perusahaan sehingga Pertamina tidak menyewa gedung tersebut. (Sumber: Kontan.co.id)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pertamina membantah kabar yang menyebut BUMN itu menyewa kantor pusatnya di kawasan Gambir senilai Rp320 miliar per tahun. VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menyatakan, kantor pusat di Gambir adalah milik Pertamina.

“Klarifikasi, kantor pusat Pertamina di wilayah Gambir merupakan aset Pertamina Group. Artinya milik Pertamina, jadi Pertamina Group tidak sewa. Mungkin informasi yang beredar ketika disebut Pertamina sewa, langsung diasosiasikan ke Gedung Pertamina di Gambir,” kata Fadjar saat dikonfirmasi Kompas.TV, Selasa (18/7/2023).

Ia menyatakan, Pertamina memang menyewa sejumlah gedung untuk ditempati pegawainya lantaran kantor di Gambir sudah tidak mencukupi. Tapi bukan gedung kantor pusat di Gambir. Salah satu gedung yang disewa Pertamina adalah Sopo Del Tower di Kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, yang merupakan milik Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan.

“Memang benar Pertamina Group ada melakukan sewa gedung untuk menampung kebutuhan kantor yang tidak tertampung di Pertamina Group. Lokasi gedung yang disewa ada di beberapa tempat di Jakarta,” ujarnya.

Baca Juga: Harga BBM Jumat 14 Juli, BP AKR Baru Turun, Pertamina Naik, Shell dan Vivo Tetap

Sebelumnya, Anggota Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Mulyanto mempertanyakan alasan Pertamina menyewa gedung untuk kantor pusat di Gambir, Jakarta Pusat. Ia menilai Pertamina harusnya tidak perlu menyewa gedung karena punya banyak aset.

 Mulyanto heran lantaran Pertamina yang punya banyak aset harus menyewa gedung kantor pusat. 

"Yang sekarang saya belum tahu, apakah jangan-jangan ada main, orang disewa gitu akhirnya boros," kata Mulyanto kepada wartawan di Gedung DPR, Kamis (13/7/2023).

"Harusnya kan banyak aset-aset Pertamina di sini, gedung aja kok sampai sewa. Sampai saat ini enggak ada kabar ya terbesit informasi gangguan gangguan ya. Pertamina masih sehat-sehat terus," tambahnya.

Pernyataan Mulyanto itu menanggapi Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dalam kunjungannya ke lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pekan lalu. Ahok menyebut, Pertamina berencana memindahkan kantornya ke IKN.

Baca Juga: BPS: Hanya Sulawesi yang Tingkat Kemiskinannya Naik, Tapi Jumlah Terbanyak Masih di Jawa-Sumatera




Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x