Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

LRT Jabodebek Beroperasi Penuh Semua Rute 18 Agustus, Termasuk Stasiun Halim

Kompas.tv - 18 Juli 2023, 09:10 WIB
lrt-jabodebek-beroperasi-penuh-semua-rute-18-agustus-termasuk-stasiun-halim
LRT Jabodebek akan beroperasi penuh di semua ruteya pada 18 Agustus 2023. Di tanggal tersebut, operasional LRT juga akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Sumber: Antara)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - LRT Jabodebek akan beroperasi penuh di semua ruteya pada 18 Agustus 2023. Di tanggal tersebut, operasional LRT juga akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kepala Divisi LRT Jabodebek PT KAI Mochamad Purnomosidi mengatakan, karena beroperasi secara penuh di semua jalur, maka semua stasiun pun akan difungsikan. Termasuk Stasiun Halim yang juga menjadi stasiun keberangkatan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

"Kita harapkan setelah 18 Agustus diresmikan oleh Presiden RI, kita rencanakan hal itu. Dari Dukuh Atas sampai dengan Jatimulya dan Dukuh Atas sampai dengan Cibubur, semua jalur akan kita layani dan operasikan," kata Purnomosidi kepada wartawan di Jakarta, Senin (17/7/2023).

"Ya sebagai feeder karena nanti kita berhenti di Stasiun Halim," ujarnya.

Dengan beroperasinya LRT Jabodebek, warga yang ingin menaiki KCJB, bisa menjangkau Stasiun Halim dengan LRT. Ia menjelaskan, dalam sehari nantinya LRT Jabodebek bisa melayani hingga 434 perjalanan selama tahun pertama beroperasi. Jumlah perjalanan itu terbagi dua untuk rute Dukuh Atas-Cibubur dan Dukuh Atas-Jatimulya Bekasi.

"Kita siap beroperasi dari pukul 05.30 WIB sampai dengan pukul 23.30 WIB," ucapnya.

Baca Juga: Ada Penyempurnaan Sistem, Uji Coba LRT Jabodebek Dihentikan Sementara pada 17-20 Juli 2023

Diberitakan Kompas TV sebelumnya, uji coba LRT Jabodebek dihentikan sementara oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan, mulai Senin (17/7/2023), hingga 20 Juli 2023. Tadinya pada periode tersebut adalah masa uji coba untuk undangan.

Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal mengatakan, hal itu dilakukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada sistem LRT Jabodebek.

Pihaknya juga sudah melakukan Rapat Evaluasi Penyelenggaraan Uji Coba Terbatas LRT Jabodebek pada Sabtu (15/7/2023).

"Pada umumnya uji coba berjalan lancar. Ada beberapa hal yang mesti dilakukan untuk perbaikan termasuk penyempurnaan pada sistem software," kata Risal dalam keterangan tertulis, Senin (17/7/2023).

Tadinya, uji coba untuk undangan digelar mulai 12 Juli hingga 26 Juli. Lalu pada 27 Juli hingga 15 Agustus uji coba untuk masyarakat. Namun jadwal tersebut akan berubah lagi dengan adanya penghentian uji coba.

Baca Juga: Uji Coba LRT Jabodebek: Skenario Rem Mendadak hingga Baterai Sumber Tenaga jika Mati Listrik

"Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat penundaan ini, semoga segala sesuatunya berjalan dengan baik sehingga masyarakat dapat segera mencoba LRT Jabodebek," tuturnya.

Ia menegaskan, setelah seluruh pembaharuan software selesai, pihaknya akan melakukan trial run terlebih dahulu sebelum dibuka kembali untuk umum.




Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x