Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

7 Inovasi Kimia Farma untuk Menjadi Pusat Produk Kesehatan Bergengsi

Kompas.tv - 10 Juli 2023, 15:00 WIB
7-inovasi-kimia-farma-untuk-menjadi-pusat-produk-kesehatan-bergengsi
[Dari kiri ke kanan] Direktur Utama PT Kimia Farma Apotek (KFA) Agus Chandra, Direktur Utama PT Kimia Farma Tbk. David Utama, Wakil Direktur Utama PT Bio Farma (Persero) Soleh Ayubi, Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar dr. Anak Agung Ayu Agung Candrawati, M.Kes., Komisaris Utama Bio Farma Tanri Abeng, dan Asisten Deputi Bidang Industri Kesehatan, Kementerian BUMN Aditya Dhanwantara, saat melakukan grand opening 23 outlet Kimia Farma secara serentak di seluruh Indonesia, yang dilakukan secara daring dan luring di Outlet Danau Tamblingan 1, Sanur, Denpasar, Bali, Jumat (7/7/2023). (Sumber: Dok. Kimia Farma)
Penulis : Meirna Larasati | Editor : Edy A. Putra

DENPASAR, KOMPAS.TV – Bukan tanpa alasan PT Kimia Farma Apotek meluncurkan slogan baru berbunyi ’’Ingat Sehat Ingat Kimia Farma’’.

Melalui jargon baru ini, anak perusahaan PT Kimia Farma Tbk. tersebut memastikan kehadirannya untuk masyarakat sebagai pusat kesehatan terpadu paling komprehensif. 

Bersamaan dengan peluncuran slogan ’’Ingat Sehat Ingat Kimia Farma’’ pada Jumat (7/7/2023), BUMN Farmasi tersebut juga melakukan tujuh gebrakan baru sebagai berikut:

  1. Grand Opening 23 outlet baru dan relokasi outlet di seluruh Indonesia.
  2. Peluncuran kerja sama Kimia Farma Apotek dengan Optik Melawai.
  3. Peluncuran Klinik Virtual Kimia Farma bekerja sama dengan RSCM dan SiapDok serta telah terdaftar di 47 titik Satu Sehat sebagai tahap awal.
  4. Penandatanganan kerja sama Kimia Farma Apotek dengan RSKO, RSUD Abdul Muluk, RSUD Bayu Asih Purwakarta, dan RSPAD Gatot Soebroto untuk peningkatan kualitas layanan kefarmasian rumah sakit.
  5. Penandatanganan kerja sama KFA dan PT Retail Kita Indonesia serta peluncuran Warung Sehat Kimia Farma di beberapa daerah hingga ke desa. Untuk tahap awal telah berada di 7 koperasi unit desa (KUD).
  6. PT Kimia Farma Tbk. juga menandatangani kerja sama dengan Wondfo Biotech Co. Ltd. tentang kolaborasi penyiapan/produksi produk point of care test (POCT) di Indonesia disertai transfer teknologi untuk pasar Indonesia bahkan direncanakan diperluas untuk wilayah Asia Tenggara. 
  7. Penandatanganan kerja sama Kimia Farma Apotek dan PT Medika Makmur Gemilang tentang alat-alat kesehatan, serta penandatanganan kerja sama Kimia Farma Apotek dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. 

Acara tersebut dihadiri Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan Rizka Andalucia (secara daring) dan Asisten Deputi Bidang Industri Kesehatan Kementerian BUMN Aditya Dhanwantara. 

Acara ini juga dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar dr. Anak Agung Ayu Agung Candrawati, M.Kes yang mewakili Wali Kota Denpasar dan para mitra Kimia Farma.

Dalam sambutannya, Rizka menilai slogan baru “Ingat Sehat, Ingat Kimia Farma” sangat bagus. 

Melalui inovasi yang telah dikembangkan Kimia Farma, Rizka berharap Kimia Farma dapat menjangkau seluruh pelosok negeri sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat sesuai slogan “Ingat Sehat, Ingat Kimia Farma”.

Launching slogan ‘Ingat Sehat, Ingat Kimia Farma’ merupakan bentuk transformasi yang sangat baik. Kami berharap Kimia Farma terus membantu pemerintah dalam memberikan edukasi terhadap masyarakat bagaimana memperoleh, menyimpan, dan menggunakan obat-obatan dengan baik sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan,” tutur Rizka.

Rizka menilai, Kimia Farma memiliki agenda yang sejalan dengan pemerintah, yaitu transfer sistem kesehatan, melalui upaya preventif dan promotif berbasis komunitas pada masyarakat, dengan pilar utama transfer layanan primer. 

Jaringan outlet Kimia Farma dapat dijadikan sebagai spoke atau skrining riwayat kesehatan peserta BPJS maupun masyarakat Indonesia.

Sementara Asisten Deputi Bidang Industri Kesehatan Kementerian BUMN Aditya Dhanwantara mengatakan launching slogan “Ingat Sehat, Ingat Kimia Farma” dan tujuh gebrakan penting pada momen 7/7 merupakan bukti nyata transformasi, pengembangan, dan inovasi Kimia Farma.

’’Dengan adanya launching hari ini merupakan milestone untuk terus berubah, bergerak, dan menciptakan layanan kesehatan yang lebih terintegrasi, luas, dan menjangkau masyarakat lebih banyak,” ucap Aditya.

Launching tagline hari ini dan 7 gebrakan, tanggal 7 bulan 7 dengan 7 gebrakan. Kemudian tahun 2023 dengan pembukaan 23 outlet baru, ini angka yang bagus, semoga bisa menjadi rizki bagi kita semua. Kami dukung semua upaya dan inovasi yang sudah dilakukan Bio Farma dan Kimia Farma, sehingga sejalan dengan tagline ‘Ingat Sehat, Ingat Kimia Farma’,” imbuhnya.

Dalam sambutannya, Komisaris Utama Bio Farma Tanri Abeng menyampaikan apresiasinya kepada jajaran direksi Kimia Farma karena dalam waktu yang relatif singkat mampu merealisasikan berbagai terobosan penting. 

Menurut Tanri, sebagai holding kefarmasian yang membawahi PT KF Tbk. dan PT KFA, Bio Farma Group harus terus tumbuh dan berkembang. 

Tagline baru 'Ingat Sehat, Ingat Kimia Farma.' Semua orang pasti ingat sehat, jadi pasti akan ingat Kimia Farma,” tutur sosok yang pernah dijuluki ‘Manager 1 Miliar’ ini.

Memperluas Layanan Masyarakat



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x