Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

IndiHome Gabung Telkomsel Mulai Besok, Ini Dampaknya kepada Para Pelanggan

Kompas.tv - 30 Juni 2023, 14:10 WIB
indihome-gabung-telkomsel-mulai-besok-ini-dampaknya-kepada-para-pelanggan
Penggabungan IndiHome ke PT Telekomunikasi Selular atau Telkomsel akan resmi berlaku mulai Sabtu 1 Juli 2023 besok. (Sumber: Antara)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penggabungan IndiHome ke PT Telekomunikasi Selular atau Telkomsel akan resmi berlaku mulai Sabtu 1 Juli 2023 besok.

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) dan Telkomsel resmi melakukan penandatanganan Akta Pemisahan pada Selasa (27/6). Direktur Utama Telkom Indonesia Ririek menyampaikan dengan adanya penandatanganan Spin-Off Agreement ini artinya penggabungan IndiHome ke tubuh Telkomsel sudah final.

"Per 1 Juli 2023 secara legal pengelolaan IndiHome akan pindah ke Telkomsel," ucap Ririek dalam konferensi pers di Telkom Landmark Tower, Selasa (27/6/2023).

Dengan selesainya proses integrasi IndiHome menjadikan kepemilikan efektif Telkom di Telkomsel naik menjadi 69,9 persen. Kemudian, kepemilikan Singtel di Telkomsel menjadi 30,1 persen.

Baca Juga: Siap-siap, Per 1 Juli Besok Pesan Tiket KA Jarak Jauh Bisa H-90 atau 3 Bulan Sebelumnya

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam menegaskan, integrasi IndiHome ke Telkomsel memeratakan layanan internet, terutama untuk pelanggan rumah tangga.

Sederhananya, wilayah permukiman warga yang bisa dijangkau oleh layanan IndiHome akan semakin luas.

"Dengan menghadirkan pemerataan akses broadband terkini dengan pengalaman konektivitas digital yang lebih lengkap, serta dukungan layanan unbreakable wifi yang andal dan terintegasi, terutama bagi pelanggan dari segmen rumah tangga (household) atau keluarga, melalui keunggulan inisiatif FMC," ujar Hendri. 

Selain itu, pelanggan Indihome dan Telkom, baik perorangan maupun segmen bisnis, kini bisa menikmati layanan terintegrasi seperti internet (fixed broadband), telepon rumah (fixed line), Internet Protocol Television (IPTV), serta ragam bundling layanan digital consumer lainnya.

Baca Juga: Mulai 1 Juli Besok, Naik MRT Jakarta Tak Bisa Lagi Pakai Gopay, OVO, DANA, dan LinkAja

Hendri memastikan, belum ada perubahan biaya layanan dan paket berlangganan meski IndiHome sudah jadi bagian Telkomsel. Semua masih sesuai ketentuan pada kontrak yang telah disepakati antara pelanggan dan IndiHome.

Manfaat lainnya untuk pelanggan, adalah jadi lebih mudah dalam hal pembayaran karena dilakukan dalam satu saluran.

"(Sebelumnya) pelanggan itu pembayarannya terpisah, tentunya akan memudahkan pelayanan dalam satu pembayaran. Kita akan menjual kepada pelanggan sesuai kebutuhan, misal broadband saja di dalamnya ada IndiHome, Orbit, mobile prepaid dan di atasnya sudah ada satu ini aplikasi yang sudah ada," ucapnya.

"IndiHome ke Telkomsel ini akan membuat pelanggan menjadi lebih mudah. Saat ini pelanggan IndiHome mendapatkan billing secara terpisah, nantinya kami dapat memberikan service secara terintegrasi, semua jadi ke Telkomsel ketika pelanggan butuh layanan telekomunikasi,” ujarnya.

Baca Juga: Uji Coba TransJakarta Masuk Bandara Soetta Mulai 4 Juli, dari Kalideres Jalan Jam 07.30 WIB

Kemudian, brand IndiHome juga tidak akan berubah.

“Nanti akan tetap menggunakan brand IndiHome. Kami harap Telkomsel semakin fokus di mobile product dan IndiHome. Kerja sama ini kami yakin akan membuat TelkomGroup menjadi lebih kuat, karena Telkomsel dan IndiHome adalah pemain besar di industri, apalagi nanti ketika sudah menggencarkan FMC,” ucapnya.

Mulai 1 Juli 2023, untuk kebutuhan informasi dan layanan, pelanggan IndiHome dapat menghubungi customer touch point Telkomsel, seperti call center 188, situs resmi Telkomsel, layanan email [email protected], dan GraPARI (walk-in).

Sedangkan, untuk layanan customer touch point IndiHome seperti aplikasi myIndiHome, situs indihome.co.id, Plasa Telkom (walk-in), call center 147, serta akun media sosial @IndiHomeCare masih tetap melayani pelanggan IndiHome seperti biasa.



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x