Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Luhut Soal Pengembangan Ekosistem Kendaraan Listrik: Tidak Bisa Selesai Satu Periode Presiden

Kompas.tv - 13 Juni 2023, 11:38 WIB
luhut-soal-pengembangan-ekosistem-kendaraan-listrik-tidak-bisa-selesai-satu-periode-presiden
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, ekosistem kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) di Tanah Air tidak bisa selesai hanya lewat satu atau beberapa kali periode kepemimpinan seorang presiden. (Sumber: Instagram @luhut.pandjaitan)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, ekosistem kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) di Tanah Air tidak bisa selesai hanya lewat satu atau beberapa kali periode kepemimpinan seorang presiden.

Lantaran mesti dilakukan secara utuh sebagai satu kesatuan atau bersifat holistik serta berkesinambungan.

"Kita melihat kendaraan listrik ini harus utuh dari satu ekosistem. Jadi, negara ini kita sama-sama atur buat lebih efisien. Itu yang penting, kemajuan. Sekali lagi, ini nggak bisa selesai dengan satu presiden, bisa beberapa presiden," kata Luhut di Jakarta, Senin (13/6/2023). 

"Yang penting, koridor kita pelihara bersama. Jangan hanya mimpi, tetapi harus lakukan perubahan sana-sini," tambahnya. 

Baca Juga: Pengguna Motor Listrik Kini Bisa Bertukar Baterai dan Charger Meski Berbeda Merek

Upaya membangun ekosistem kendaraan listrik di era Presiden Joko Widodo diantaranya mengundang investasi pabrik mobil listrik di Indonesia, hilirisasi nikel yang merupakan bahan baku baterai kendaraan listrik, hingga meluncurkan program bantuan untuk masyarakat yang bertujuan mempercepat adopsi kendaraan listrik. 

Ada juga investasi baru industri aluminium di Jawa Timur yang membutuhkan pasokan energi sebesar 4 gigawatt. Sementara Indonesia, memiliki 437 gigawatt potensial dari clean atau green energy, dan saat ini masih kelebihan sebesar 5,2 gigawatt.

"Jadi harus dimulai, karena membuat geothermal bisa 3 tahun, hydropower bisa 7 tahun, dan seterusnya. Kelebihan listrik 5 gigawatt dari PLN nanti, hampir terserap semua sehingga tahun depan nggak ada kelebihan listrik lagi. PLN pasti akan lebih sehat," ujar Luhut. 

Baca Juga: Luhut Kembali Minta LSM Diaudit, Koordinator KontraS Sebut Pemerintah Juga Dapat Dana Dari Asing

"Bayangkan, tahun lalu kita pusing karena PLN mesti bayar subsidi 47 triliun dari kelebihan 5,2 gigawatt. Kalau kelebihan ini habis dan kita ambil, akan menghemat 47 triliun," lanjutnya. 


 

Luhut menyampaikan, kendaraan listrik tidak hanya berbicara tentang kendaraan itu sendiri, namun juga seluruh ekosistem pendukung. Oleh karena itu, Indonesia terus berupaya agar sebanyak 10 persen dari populasi EV akan terwujud pada 2030 mendatang.

"Jadi, proyek ini berkesinambungan, tidak bisa satu term presiden selesai, tidak akan. Ini jangka panjang, jadi kita semua harus kompak. Bangsa ini maju kalau kita satu. Kalau ada tuding-tuding ini bikin perubahan hal baru, nggak usah aneh-aneh, biasa-biasa saja. Apa yang sudah dibuat anak-anak muda Indonesia sekarang harus jalan, tidak boleh tertunda-tunda," tuturnya. 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x