Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Harga Telur Naik Bisa Picu Inflasi, Mendag Zulhas Buka Opsi Subsidi Jagung

Kompas.tv - 23 Mei 2023, 09:41 WIB
harga-telur-naik-bisa-picu-inflasi-mendag-zulhas-buka-opsi-subsidi-jagung
Pemerintah membuka opsi untuk kembali menyalurkan subsidi jagung agar harga pakan ternak itu terkendali. Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan, kenaikan harga pakan ternak jadi salah satu penyebab naiknya harga telur ayam ras saat ini. (Sumber: Antara)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah membuka opsi untuk kembali menyalurkan subsidi jagung agar harga pakan ternak itu terkendali. Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan, kenaikan harga pakan ternak jadi salah satu penyebab naiknya harga telur ayam ras saat ini. 

“Misalnya jagung rakyat mahal sampai Rp6.500, kami akan coba nanti misalnya Rp1,500 disubsidi, apakah untuk transportasinya, untuk lainnya, sehingga harga pakan juga terkendali,” kata Zulkifli Hasan kepada wartawan di Istana Negara, Jakarta, Senin (22/5/2023). 

Pria yang akrab disapa Zulhas itu menyampaikan, subsidi harga jagung saat ini masih dikaji pemerintah. Namun yang pasti, petani lokal akan menjadi prioritas sebagai penerima subsidi. 

Selain opsi subsidi jagung, pemerintah juga akan mengupayakan peningkatan produksi telur. Jika pasokannya banyak, maka harga telur akan turun dengan sendirinya. 

Menurut Zulhas, produksi telur turun karena peremajaan induk yang dilakukan oleh peternak. 

“Telur itu kan selama ini banyak sekali pengusaha telur yang tutup bangkrut karena harganya terlalu murah kemarin. Bahkan mau lebaran saja Rp25.000 (per kilogram), Rp26.000, bangkrut karena seharusnya harga jualnya  Rp28.000. Nah karena itu sebagian induknya diremajakan, potong, perlu waktu,” katanya. 

Baca Juga: Pedagang Telur Gulung Terdampak Mahalnya Harga Telur

Adapun harga telur berdasarkan Panel Harga Pangan per 22 Mei 2023, secara rata-rata nasional berada di Rp30.600 per kg. Sementara itu, harga per kabupaten/kota, kondisi terpantau beragam dan dinamis.

Harga telur termahal berada di Provinsi Papua Barat sebesar Rp37.740 per kg, sedangkan termurah berada di Aceh sebesar Rp26.370 per kg.

Sementara itu, Kepala Satgas Pangan Pusat Brigjen Pol. Whisnu Hermawan menerangkan beberapa penyebab mahalnya harga telur. 

Pertama, kenaikan harga disebabkan adanya kelangkaan bahan baku pakan ternak, khususnya ayam petelur. Kondisi itu menyebabkan harga pakan ayam yang tinggi mencapai Rp8.500 sampai Rp8.700 per kilogram.

Menurut Whisnu, tingginya harga pakan merupakan refleksi dari harga bahan baku pakan, sehingga menyebabkan tidak semua peternak ayam petelur dapat membeli pakan ternak.

"Sebagian peternak ayam petelur memilih untuk tutup dan peternak ayam petelur yang sanggup membeli pakan akan menaikkan biaya produksinya," kata Whisnu seperti dikutip dari Antara, Senin (22/5).

Baca Juga: Imbas Naiknya Harga Telur, Pedagang Terpaksa Perkecil Ukuran Kue

Kedua, biaya transportasi atau angkutan distribusi telur dari daerah penghasil telur ke daerah yang belum memiliki kemampuan mencukupi kebutuhan telur cukup mahal.

"Beberapa daerah belum bisa mencukupi kebutuhan telur ayam ras di daerahnya, sehingga masih supply dari daerah lain," ujarnya.

Ketiga, permintaan kebutuhan masyarakat akan telur ayam ras cukup tinggi, salah satunya untuk program pencegahan stunting yang dilakukan Pemerintah.

"Adanya bantuan sosial dan kebijakan dari Badan Pangan terkait stunting," ucapnya. 

Satgas Pangan Polri pun terus berupaya mencari solusi untuk mengendalikan harga serta ketersediaan telur ayam ras di masyarakat.



Sumber : Kompas TV, Antara


BERITA LAINNYA


Advertorial

Madiun Maju Mendunia | VVIP

27 April 2024, 15:37 WIB

Close Ads x