Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Pernah Hidup dari Iuran Warga, Berapa Kini Pendapatan TVRI dari APBN?

Kompas.tv - 2 Mei 2023, 07:45 WIB
pernah-hidup-dari-iuran-warga-berapa-kini-pendapatan-tvri-dari-apbn
Gedung TVRI di Senayan, Jakarta (Sumber: Istimewa)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Televisi Republik Indonesia atau lebih umum dikenal sebagai TVRI, merupakan satu-satunya televisi yang jangkauannya mencapai seluruh wilayah NKRI. Siapa yang tak mengenalnya? Tetapi, tak banyak juga yang mengetahui tentang sejarahnya, termasuk status TVRI yang sempat bergonta-ganti. 

TVRI pernah menjadi Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dari Perusahaan Jawatan (Perjan), Perusahaan Umum (Perum), dan Perseroan Terbatas (PT). Namun, kini TVRI bergantung pada dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) karena telah berganti status menjadi Lembaga Penyiaran Publik (LPP).

Selain APBN, TVRI juga memperoleh pendapatan dari Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP). 

Jenis-jenis PNBP TVRI yang diatur dalam PP Nomor 33 Tahun 2017 berasal dari jasa tayang, produksi program, media online, penggunaan sarana dan prasarana siaran, pendidikan pelatihan, dan layanan digitalisasi penyiaran. 

Baca Juga: Sri Mulyani: APBN Maret 2023 Surplus Rp128,5 Triliun

Publikasi laporan keuangan TVRI terakhir kali dilakukan pada tahun 2021 yang diterbitkan oleh Direktorat Keuangan TVRI yang sudah diaudit. Dalam laporan keuangan tersebut disebutkan, pendapatan TVRI dari PNBP terealisasi tercatat sebesar Rp148,12 miliar. Besaran PNBP yang diterima ini lebih rendah dibandingkan target anggaran sebesar Rp152,05 miliar.

Bisa dikatakan bahwa jumlah tersebut jauh dari mencukupi, bila menggantungkan operasional dari PNBP tersebut.

Untuk memberikan perbandingan, beban untuk belanja pegawai mencapai Rp385,11 miliar. Belum lagi ditambah dengan beban belanja barang yang mencapai Rp505,44 miliar serta belanja modal Rp275,38 miliar.  Bisa disimpulkan bahwa total bebannya adalah Rp1,16 triliun.

Kekurangan tersebut ditutup dengan mengandalkan suntikan dana dari APBN pemerintah. Melansir laporan Kompas.com, pada tahun 2022, TVRI mendapatkan alokasi dana APBN sebesar Rp1,6 triliun. 

Baca Juga: 40 Meter Bagian Tower Stasiun TVRI Roboh Akibat Angin Puting Beliung, TVRI Rugi Ratusan Juta Rupiah!

TVRI Dihidupi Rakyat



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x