Kompas TV cerita ramadan amalan

Doa Ramadan Hari ke-22, Dibuka Lebar Pintu Karunia dan Surga Allah SWT

Kompas.tv - 24 April 2022, 04:35 WIB
doa-ramadan-hari-ke-22-dibuka-lebar-pintu-karunia-dan-surga-allah-swt
Doa Ramadan hari ke-22 yang bisa kita amalkan agar mendapatkan surga-Nya di malam 10 hari terakhir Ramadan. (Sumber: Pixabay)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berikut ini merupakan doa Ramadan yang bisa dipanjatkan pada hari ke-22 ibadah Ramadan 1443 H.

Umat Islam di Indonesia kebanyakan memulai puasa 1 Ramadan pada hari Minggu 3 April 2022, berdasarkan keputusan soal sidang Isbat yang dikeluarkan pemerintah pada hari Jumat, 1 April 2022.

Hari ke-22 Ramadan ini memiliki arti penting, yakni kian menunjukkan bahwa Ramadan sudah hampir berakhir. Ada kesedihan karena bulan istimewa ini berakhir, namun di sisi lain ada peluang untuk mendapatkan lailatul qadar di 10 hari terakhir Ramadan yang tinggal menyisakan beberapa hari lagi. 

Apa yang bisa dilakukan di 10 hari terakhir Ramadan ini? 

Rasulullah sendiri ketika memasuki 10 hari terakhir bulan Ramadan lebih menggiatkan diri untuk beribadah kepada-Nya. 

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa ketika memasuki 10 Ramadan terakhir, beliau bersungguh-sungguh dalam ibadah (dengan meninggalkan istri-istrinya), menghidupkan malam-malam tersebut dengan ibadah, dan membangunkan istri-istrinya untuk beribadah.” (HR. Bukhari)

Sebagaimana hadis di atas, ada banyak cara yang bisa kita lakukan. Mulai dari memperbanyak baca Al-Qur'an, bersedekah dan biasanya para ulama menghabiskan waktu dengan beriktikaf di masjid untuk mendapatkan lailatul qadar di 10 hari terakhir Ramadan. 

Lantas, kapan dibaca doa Ramadan ini?

Pada dasarnya, doa Ramadan hari ke-22 ini bisa dibaca usai salat lima waktu, pada pagi hari atau usai tarawih sebagai upaya untuk mendapatkan berkah di bulan suci Ramadan 1443 H.

Dikutip dari Pendidikan Islam Kementerian Agama, berikut ini merupakan doa hari ke-22 Ramadan.

 

Doa hari ke - 22 puasa ramadhan . Ikuti informasi Pendidikan Islam melalui kanal berikut: Laman:...

Posted by Ditjen Pendis Kemenag RI on Monday, May 3, 2021

Baca Juga: Bacaan Doa Malam Lailatul Qadar yang Diajarkan Rasulullah SAW

Doa Ramadan Hari ke-22

Doa Ramadan untuk hari ke-22. (Sumber: kompas.tv/dedik priyanto)

Teks latin: Allâhummaftah lî abwâba fadhlika wa anzil ‘alayya fîhi barakâtika wa waffiqnî fîhi limûjibâti mardhâtika wa askinnî fîhi buhbûhâti jannâtika yâ mujîba da’watil mudhtharrîn

Artinya: ”Ya Allah bukakanlah lebar-lebar pintu karunia-Mu di bulan ini dan curahkan berkah-berkah-Mu. Tempatkan aku di tempat yang membuat-Mu rida padaku. Tempatkan aku di dalam surga-Mu, Wahai Dzat Yang Maha Menjawab doa orang yang dalam kesempitan."

Semoga Allah senantiasa menjadikan Ramadan kita menjadi berkah dan kelak ditempatkan ke dalam surga-Nya. Amin. Wallahu a'lam

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x