Kompas TV cerita ramadan takjil

Wajib Ada di Meja Makan, Ini 5 Makanan Khas Ramadan di Berbagai Negara

Kompas.tv - 9 April 2022, 11:20 WIB
wajib-ada-di-meja-makan-ini-5-makanan-khas-ramadan-di-berbagai-negara
Harira, sajian khas bulan Ramadan di Maroko. (Sumber: SHUTTERSTOCK/KRAVTZOV via Kompas.com)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Selama bulan Ramadan, ada beberapa makanan khas Ramadan yang wajib ada untuk berbuka puasa, sahur, sampai hidangan Idulfitri.

Indonesia sendiri memiliki makanan khas Ramadan, yakni kolak. Makanan manis berkuah santan yang biasanya diisi dengan kolang-kaling, ubi, pisang, hingga nangka ini wajib ada di meja makan saat berbuka puasa.

Lalu, bagaimana dengan negara lain? Melansir mansworldindia, Sabtu (9/4/2022), berikut sejumlah makanan khas Ramadan di berbagai negara.

Baca Juga: Bubur Sayur Lodeh, Takjil Sarat Filosofi di Masjid Kauman Yogyakarta

Makanan Khas Ramadan di Berbagai Negara

1. Harira - Maroko

Di Maroko, umat Muslim akan berbuka puasa dengan Harira, sup cokelat yang berisi lentil, buncis, nasi, dan kaldu daging. 

Nama Harira sendiri berasal dari kata bahasa Arab, al harir, yang berarti sutera. Mengacu pada tekstur sup yang dikentalkan dengan telur atau tepung.

Sajian ini lekat dengan Ramadan sehingga masyarakat Maroko menganggap bahwa Ramadan tidak lengkap tanpa Harira di meja makan mereka.

2. Qatayef - Mesir

Camilan mirip pangsit ini wajib ada saat berbuka puasa di Mesir. Namun, pangsit Timur Tengah ini memiliki rasa manis yang biasanya diisi dengan krim atau kacang.

Melansir Roya News, Qatayef diyakini sudah ada sejak Dinasti Fatimiyah. Namun, sejarah mencatat bahwa makanan ini bermula dari Kekhalifahan Abbasiyah.

Baca Juga: Resep Kolak Pelangi, Takjil Buka Puasa Kekinian, Bisa untuk Ide Jualan

3. Nonbu Kanji - Sri Lanka dan India

Nonbu Kanji adalah bubur yang dibuat dari beras, lentil, rempah-rempah dan bahan lainnya. Sajian ini dapat ditemui di bulan Ramadan di Sri Lanka dan India.

Dikutip dari kannammacooks.com, Nombu Kanji dibuat dalam wadah besar yang diaduk secara terus-menerus oleh para pria di masjid di kawasan Tamilnadu.

4. Mansaf - Yordania

Sementara itu, masyarakat muslim di Yordania biasanya menyajikan Mansaf di bulan Ramadan. Mansaf adalah hidangan yang dibuat dari daging domba dan dimasak dengan saus. Uniknya, saus tersebut terbuat dari fermentasi yoghurt yang dikeringkan.

Baca Juga: Menu Ramadan Terpopuler di Indonesia, Ini 7 Campuran Kolak Pisang untuk Berbuka

5. Ramazan Pidesi - Turki

Seperti namanya, Ramazan Pidesi merupakan roti pipih yang biasanya hadir sebagai hidangan khas Ramadan. Uniknya, roti ini hanya muncul di bulan Ramadan saja.

Roti pipih ini dibuat dengan campuran tepung terigu dan ragi yang ditaburi biji wijen dan diisi dengan daging atau sayuran.



Sumber : mansworldindia, Roya News, kannammacooks.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x