Kompas TV cerita ramadan tradisi

Bubur Samin Masjid Darussalam Solo Hadir Kembali, Kenapa Sajian Khas Ramadan Ini Begitu Melegenda?

Kompas.tv - 4 April 2022, 17:03 WIB
bubur-samin-masjid-darussalam-solo-hadir-kembali-kenapa-sajian-khas-ramadan-ini-begitu-melegenda
Proses pembuatan bubur Samin khas Banjar di Masjid Darussalam, Kota Solo, Jawa Tengah. (Sumber: Tribun Solo/Vincentius Jyestha)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Iman Firdaus

SOLO, KOMPAS.TV - Masjid Darussalam, Kota Solo, Jawa Tengah, kembali menghadirkan bubur Samin khas Banjar, yang sudah absen selama dua Ramadan sebelumnya.

Ketua Takmir Masjid Darussalam Rosyidi Muhfhor mengatakan, untuk bulan puasa kali ini, pihaknya akan menyiapkan sekitar 1.300 porsi bubur Samin setiap hari.

Pada hari pertama puasa kemarin, Minggu (3/4/2022), Rosyidi pun menuturkan bahwa masyarakat mulai menyerbu pembagian bubur Samin sejak pukul 15.00 WIB atau selepas masuk waktu salat Asar.

"Karena Bapak Presiden Jokowi memberi kelonggaran, boleh menggelar kegiatan Ramadan, maka kami berniat membuka lagi (pembagian bubur Samin), kata Rosyidi dikutip dari Tribun Solo, Senin (4/4/2022).

Baca Juga: Yummy! Tradisi Bubur Samin Khas Ramadan di Solo

Menurut Rosyidi, alasan masyarakat begitu suka dengan bubur Samin, karena sajian khas Ramadan tersebut memang berbeda dengan bubur-bubur lainnya.

"Saat dimakan, (bubur Samin) itu membuat badan rasanya hangat. Ada khasiatnya, karena diolah dari rempah-rempah dan pakai minyak samin," jelas Rosyidi.

"Itu yang menjadikan bubur Samin beraroma sedap dan berciri khas Banjar," sambungnya.

Selain itu, Rosyidi menuturkan bahwa pembagian bubur Samin sebagai menu buka puasa itu termasuk tradisi yang melegenda, lantaran sudah berlangsung sejak 1985.

Baca Juga: Sejarah Masjid Laweyan, Tertua di Kota Solo yang Bercorak Hindu-Jawa



Sumber : Tribun Solo


BERITA LAINNYA



Close Ads x