Kompas TV cerita ramadan panduan

Simak, Ini Rekomendasi Makanan Terbaik untuk Sahur, Kaya Vitamin hingga Cairan

Kompas.tv - 3 April 2022, 22:36 WIB
simak-ini-rekomendasi-makanan-terbaik-untuk-sahur-kaya-vitamin-hingga-cairan
Sayuran dan buah-buahan adalah salah satu menu sahur yang direkomendasikan karena kaya akan vitamin dan cairan. (Sumber: Pixabay/Silviarita)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

SOLO, KOMPAS.TV - Selama Ramadan, umat Islam di seluruh dunia diwajibkan menunaikan ibadah puasa.

Sebelum berpuasa dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari, umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan sahur terlebih dulu.

Dalam beberapa hadis, Nabi Muhammad SAW menjelaskan makan sahur merupakan sunah dan dianjurkan. Menyitir hadis riwayat Bukhari nomor 1923 dan Muslim nomor 1095 berbunyi:

Dari Anas bin Malik radhiyallahuanhu, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: Makan sahurlah karena sesungguhnya pada sahur itu terdapat berkah.

Lalu untuk penjelasan hadis yang lain:

Sahur adalah makanan yang penuh berkah. Oleh karena itu, janganlah kalian meninggalkannya sekalipun hanya dengan minum seteguk air. Karena sesungguhnya Allah dan para malaikat berselawat kepada orang-orang yang makan sahur. (HR. Ahmad).

Baca Juga: Masih Makan Sahur setelah Imsak, Apakah Puasa Menjadi Batal?

Makanan dan minuman yang dikonsumsi ketika sahur disebut turut menentukan kemampuan atau kekuatan seseorang selama menjalani puasa.

Jenis makanan dan minuman yang dianjurkan untuk sahur mencakup yang sehat, terpadu, dan kaya vitamin, mineral, serat, hingga cairan.

Berikut beberapa rekomendasi makanan dan minuman terbaik yang bisa dikonsumsi selama sahur sebagai salah satu upaya agar tetap bertenaga saat menjalani puasa.

1. Air mineral

Opsi minuman yang direkomendasikan ketika sahur adalah air mineral. Air adalah komponen penting yang harus ada di setiap meja makan ketika sahur.

Dengan meminum air mineral yang cukup, cairan dalam tubuh Anda akan seimbang dengan cairan yang hilang ketika puasa.

Meminum air mineral juga akan membantu tubuh untuk terhindar dari masalah dehidrasi atau kekurangan air dalam tubuh.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x