Kompas TV cerita ramadan kesehatan

Kiat Sehat dan Bugar Selama Berpuasa, Salah satunya Jalan Kaki 30 Menit di Pagi Hari

Kompas.tv - 3 April 2022, 11:08 WIB
kiat-sehat-dan-bugar-selama-berpuasa-salah-satunya-jalan-kaki-30-menit-di-pagi-hari
Dokter spesialis penyakit dalam Miftahul Fadly menyarankan salah satu olahraga yang bisa dilakukan saat berpuasa adalah jalan kaki di pagi hari. (Sumber: Grid Health)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV — Ramadan telah tiba, seluruh masyarakat muslim di Indonesia sedang menjalani ibadah puasa. Meskipun sedang menahan haus dan lapar, ahli kesehatan menyarankan masyarakat dapat meluangkan waktu untuk berolahraga.

Dokter spesialis penyakit dalam Miftahul Fadly menyarankan salah satu olahraga yang bisa dilakukan saat berpuasa adalah jalan kaki di pagi hari.

"Prinsipnya olahraga itu tidak harus berlari, tidak harus misalnya aerobik seperti itu. Olahraga jalan kaki seperti biasa itu boleh dilakukan pada pagi hari," kata Miftahul Fadly dalam program dialog Sapa Indonesia Pagi Akhir Pekan KOMPAS TV, Minggu (3/4/2022).

Jalan kaki di pagi hari

Lebih lanjut ia juga menyatakan, olahraga jalan kaki saat puasa bisa dilakukan di bawah jam sembilan pagi dengan durasi 30 menit hingga 1 jam maksimal 4 kali dalam seminggu.

Selain meningkatkan kesehatan tubuh, jalan kaki di pagi hari bisa dilakukan sembari mendapatkan vitamin D dari sinar matahari.

"Di bawah jam sembilan, sekalian mendapatkan vitamin D dari sinar matahari bisa dengan durasi 30 menit atau satu jam. Jalan biasa saja," ungkapnya.

Baca Juga: Catat, Ini 10 Hal yang Bikin Puasa Ramadan Batal, Telan Ludah Termasuk?

Kendati demikian, Dokter Fadli juga mengingatkan masyarakat yang melakukan jalan pagi untuk tidak banyak mengobrol saat berolahraga.

"Tapi jangan kebanyakan mengobrol karena kalau kita jalan ketemu teman lalu mengobrol itu bukan olahraga," imbuhnya.

Meski begitu, Dokter Fadly tidak melarang masyarakat untuk berolahraga lebih berat. Terlebih jika memang hal tersebut rutin dan sudah biasa dilakukan.

Hanya saja, dia menyarankan terkait waktu pelaksanaan yang bisa dilakukan pada sore hari menjelang berbuka puasa.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x