Kompas TV bisnis kompas bisnis

"Buyback" Saham BUMN untuk Selamatkan IHSG

Kompas.tv - 12 Maret 2020, 12:41 WIB
Penulis : Edika ipelona

JAKARTA, KOMPASTV – Setelah kemarin (11/3) Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali terkoreksi, dan tidak bertahan lama, IHSG kembali jatuh 1 persen.

Hari ini (12/3), IHSG masih dibuka di zona merah dengan koreksi 2,83% dan berada pada level 5.008.

Sejumlah pergerakan saham di Asia juga sama, berada pada zona merah. Padahal sejumlah pemimpin negara di dunia sudah memberikan stimulus ke masing-masing negara mereka agar ekonomi tidak tertekan akibat virus corona.

Rupiah hari ini terkoreksi 20 poin di level 14.390. Yang pasti, untuk membangkitkan kembali atau memberikan stimulus ke bursa saham maka ada “buyback” yang dilakukan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Emiten yang telah menyiapkan anggaran buyback diantaranya adalah Bank Tabungan Negara edngan anggaran Rp 500 M, Bank Mandiri dengan anggaran Rp 500 M – 1 T, Bank Negara Indonesia dengan anggaran buyback Rp 1,8 T dan Bank rakyat Indonesia dengan anggaran buyback Rp 300 M.

Menteri BUMN Erick Thohir juga menyatakan, seandainya pun ada rencana buyback, harus dilakukan secara takstis dan buyback merupakan upaya menyelamatkan IHSG yang terus terpuruk.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x